alexa snippet

Kunjungi Pameran Pusaka, Hasto Kagumi Kekayaan Warisan Budaya Nusantara

Kunjungi Pameran Pusaka, Hasto Kagumi Kekayaan Warisan Budaya Nusantara
Sekjen Senopati Nusantara Hasto Kristiyanto saat mengunjungi Pameran Benda Pusaka, yang digelar di Museum Pusaka Keraton Kasepuhan, Sabtu 16 September 2017. Foto Ist
A+ A-
CIREBON - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyempatkan diri berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon, dalam rangkaian konsolidasi di Jawa Barat. Usai konsolidasi di Kabupaten dan Kota Cirebon serta Kabupaten Kuningan, Hasto dalam kapasitasnya sebagai Sekjen Senopati Nusantara pada Sabtu (16/9/2017) malam mengunjungi Pameran Benda Pusaka, yang digelar di Museum Pusaka Keraton Kasepuhan.

Di situ, Hasto melihat satu per satu stan pameran benda pusaka yang menjadi warisan budaya nusantara, mulai dari Jawa, Bali, Kalimantan, dan daerah-daerah lain. Beberapa stan bahkan secara khusus memberikan keris kepada Hasto sebagai kenangan.

"Pameran pusaka dan tosan aji ini tentu bisa menggelorakan jiwa dan semangat sebagai bangsa yang kaya dengan budaya. Ini bukan sekadar tosan aji yang dipamerkan, tetapi ini upaya melestarikan nilai-nilai kehidupan umat manusia. Dari sinilah kita meyakini bahwa Indonesia adalah bangsa besar dengan warisan peradaban yang seharusnya membuat kita berani tampil dengan percaya diri," kata Hasto.

Hasto mengungkapkan, melalui benda-benda pusaka, masyarakat bisa memahami budaya suatu daerah. Hasto mencontohkan pusaka keris yang populer sejak zaman Majapahit. Di setiap daerah, keris memiliki kekhasan sendiri-sendiri dalam penampilan, fungsi, teknik garapan, dan peristilahannya.

Bahkan, bicara soal pusaka juga tidak lepas dari falsafah kehidupan dan komitmen membentengi nusantara. Sebagai warisan budaya nusantara, banyak pusaka yang sangat legendaris karena dipegang oleh tokoh-tokoh penting dalam peranannya berjuang di nusantara ini sejak beberapa abad lalu.

"Maka, melalui pameran pusaka ini, tentu juga sebagai bagian dari upaya dan komitmen untuk menjaga warisan budaya nusantara," tukasnya.

Selain berkeliling ke stan pameran pusaka, dalam kunjungannya ke Keraton Kasepuhan Cirebon Hasto juga bertemu dengan Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat. Keduanya berdiskusi perihal banyaknya warusan budaya dan bagaimana komitmen pemerintahan dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi yang memberikan perhatian serius.

Seperti diketahui, Pameran Benda Pusaka ini bagian dari rangkaian Festival Keraton Nusantara (FKN) 2017. Dalam acara yang berlangsung sejak tanggal 15-20 September ini, hadir 50 keraton senusantara dan 100 peninjau dari 150 keraton, dan Keraton Kasepuhan Cirebon sebagai tuan rumah.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top