alexa snippet

Status Naik Waspada, Warga Diminta Jauhi Radius 1 Km dari Kawah Sileri

Status Naik Waspada, Warga Diminta Jauhi Radius 1 Km dari Kawah Sileri
Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Dieng meminta warga tidak mendekat ke zona bahaya radius 1.000 meter dari Kawah Sileri. Kawah Sileri/MNC Media/Elis N
A+ A-
BANJARNEGARA - Aktivitas Kawah Sileri di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara Jawa Tengah menunjukan adanya peningkatan vulkanik. Dimana gempa jenis tremor terpantau terjadi terus menerus selain itu suhu kawah dan suhu tanah di sekitar area Kawah Sileri naik dibanding saat status Normal.

"Seiring dengan aktivitas kegempaan dan suhu yang naik , maka status kawah kini di naikan menjadi Waspada level 2. Warga kami mohon tidak mendekat ke zona bahaya radius 1.000 meter dari kawah," jelas Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Surip, Jumat (15/9/2017).

Berdasarkan pantauan visual petugas pos pengamatan Gunung Api Dieng, Jumat (15/9/2017) terpantau asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 10-30 meter di atas kawah puncak.

Sementara kegempaan berjumlah 1, dengan amplitudo 5.4 mm, durasi selama 7.83 detik.Sedangkan gempa tremor juga terjadi menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 0.6-1.4 mm (dominan 1 mm)

Sedangkan suhu Kawah Sileri tercatat min 93,1°C, maks 93,6°C, rata-rata 93,3°C. Suhu Tanah Kawah Sileri min 69,1°C, maks 69.6°C, rata-rata 69,5 derajat Celcius.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top