Ratusan Rumah di Solok Selatan Dihantam Banjir Bandang

Jum'at, 15 September 2017 - 08:00 WIB
Ratusan Rumah di Solok Selatan Dihantam Banjir Bandang
Ratusan Rumah di Solok Selatan Dihantam Banjir Bandang
A A A
SOLOK SELATAN - Banjir bandang menghantam empat jorong (dusun) di Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Akibatnya ratusan rumah dan jalan-jalan tertutup lumpur serta batang kayu.

“Banjir ini datang tadi malam, tiba-tiba suara gemuruh dari sungai. Saat itu kami sedang rapat saat kami sedang rapat di Masjid Darus Salam, akhirnya saya bubarkan dan menghubungi camat, polsek dan koramil, bahwa telah terjadi banjir bandang di tempat kami,” kata Wali Nagari Pakan Rabaa Tengah, Zulfikar Erawandi, Jumat (15/9/2017).

Banjir bandang yang terjadi pada Kamis 14 September 2017 pukul 20.30 WIB mengakibatkan sekitar 300 rumah dipenuhi air dan lumpur setinggi 75 centimeter. Tak hanya itu jalan juga merupakan jalan lintas sumatera penuh lumpur setinggi 4o centimeter.

“Kita butuh alat berat untuk membersihkan jalan agar bisa akses, selain itu juga mesin kayu untuk memotong kayu-kayu yang telah menutupi saluran air dibawa jembatan,” tambah Zulfikar.

Wali Nagari menambahkan, warga butuh bantuan makan sebab rumah penuh lumpur. Bantuan yang sudah masuk dari pemerintah kabupaten dan provinsi itu berupak terpal, selimut, tikar untuk tempat tidur warga. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Solok Selatan untuk membuat dapur umum.

“Makanan masyarakat sudah basah serta alat masaknya sudah tertimbun lumpur. Kami belum ketahui korban jiwa, namun tim BPBD dan OPD terkait sudah datang sejak tadi malam,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7855 seconds (0.1#10.140)