5 Perbedaan Jurusan Teknik Telekomunikasi dan Informatika, Gelar hingga Peluang Kerjanya

Selasa, 31 Oktober 2023 - 09:09 WIB
loading...
5 Perbedaan Jurusan Teknik Telekomunikasi dan Informatika, Gelar hingga Peluang Kerjanya
Ini adalah perbedaan jurusan kuliah Teknik Telekomunikasi dan jurusan Informatika. Foto/aimsoftech.com
A A A
JAKARTA - Ini adalah perbedaan jurusan kuliah Teknik Telekomunikasi dan jurusan Informatika . Meski berada dalam satu rumpun teknik namun kedua jurusan ini memiliki perbedaan yang mesti diketahui oleh calon mahasiswa.

Setiap lulusan sekolah menengah atas dan sederajat yang ingin melanjutkan kuliah pastinya harus memilih satu jurusan kuliah yang ilmunya akan diserap selama dia kuliah.

Ada kalanya calon mahasiswa merasa bingung untuk menentukan jurusan kuliah. Misalnya saja antara memilih jurusan Teknik Telekomunikasi dengan Informatika.

Dikutip dari laman Telkom University, berikut ini sejumlah perbedaannya sebelum menentukan jurusan kuliah yang akan ditekuni calon mahasiswa.

5 Perbedaan Jurusan Teknik Telekomunikasi dan Informatika

1. Gelar


Mahasiswa yang lulus dari jurusan Informatika biasanya akan meraih gelar Sarjana Komputer atau yang disingkat S.Kom. Gelar S.Kom diberikan kepada jurusan yang mempelajari komputer sejak awal kuliah hingga akhir.

Baca juga: 29 Jurusan Kuliah S2 UI Terakreditasi Unggul BAN PT

Sementara lulusan dari Teknik Telekomunikasi ketika lulus akan tersemat gelar Sarjana Teknik atau S.T yang memang diberikan untuk jurusan yang berada pada rumpun teknik.

2. Peluang Kerja


Bagi kalian yang lulus dari jurusan Teknik Telekomunikasi, bekerja sebagai programmer, teknisi jaringan, data analyst, engineer program bisa menjadi sebagian peluang yang bisa ditekuni di samping peluang kerja lain karena prospeknya sangat luas bagi lulusan Teknik Telekomunikasi yang menggenggam banyak bekal ilmu.

Sementara lulusan Informatika bisa menjadi programmer, software developers, data scientists, maupun product designers. Hal ini tentunya tidak lepas dari pengaruh mata kuliah yang dipelajari selalu berhubungan dengan programming juga data system.

3. Belajar Apa Saja?


Segala sesuatu yang berhubungan dengan telekomunikasi pastinya akan menjadi santapan mahasiswa Teknik Telekomunikasi. Seperti konektivitas 4G atau 5G itu akan dipelajari oleh kalian.

Mahasiswa Teknik Telekomunikasi juga akan belajar cara berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan berbagai jaringan, seperti misalnya jaringan komputer, sinyal, radio, dan radar hingga teknik merancang dan menggunakan berbagai alat telekomunikasi yang bermanfaat.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Non Teknik yang Banyak Dibutuhkan Perusahaan BUMN dengan Gaji Besar

Sementara untuk program studi Informatika akan belajar perancangan dan pengembangan perangkat lunak (software). Programming menjadi pokok bahasan dari Informatika karena nanti utamanya akan merancang sesuatu dengan bahasa pemrograman komputer. Selain itu, mahasiswa Informatika juga akan mempelajari sistem basis data serta keamanan siber.

4. Kemampuan


Mahasiswa Program Studi Teknik Telekomunikasi akan mempunyai kemampuan yang berbeda dengan mahasiswa dari Program Studi Informatika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)