alexa snippet

19 Kambing di Malang Mati dengan Luka Gigitan di Leher dan Usus Terurai

19 Kambing di Malang Mati dengan Luka Gigitan di Leher dan Usus Terurai
Sebanyak 19 ternak kambing warga di Tegalgondo, Karangploso, Malang, Rabu (13/9/2017) ditemukan mati dengan luka gigitan di bagian leher hingga usus terurai keluar. Foto MNC Media/Deny I
A+ A-
MALANG - Sebanyak 19 ternak kambing milik warga di Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu pagi (13/9/2017) ditemukan mati di sekitar kandang. Matinya belasan kambing tersebut dengan luka gigitan di bagian leher hingga usus terurai keluar.

Hasil penyelidkan petugas Dinas Peternakan dan polisi diduga matinya ke-19 kambing ini akibat serangan hewan buas.

Menurut M Effendi pemilik diperkirakan kejadian terjadi Rabu dinihari, namun dia mengaku tidak mendengar suara berisik hewan buas atau ternaknya saat diserang. Akibat peristiwa ini pemilik merugi Rp20 juta.

“Saat ditemukan bangkai ternak kambing berada 20 meter dari kandang dengan luka robek bekas gigitan di leher dan cakaran di perut,” katanya

Sementara itu dari jejak hewan ditemukan di lokasi petugas menduga anjing liar melakukan serangan kepada ternak kambing warga. Petugas merekomendasikan ternak dikubur untuk mengantisipasi penyakit menular dari anjing liar.

Kapolsek Karangploso AKP Farid Fathoni mengatakan, ada dugaan hewan buas menyerang ternak warga karena lokasi kandang berada tepat di belakang areal persawahan. Sebagai antisipasi petugas meminta warga pemilik ternak melakukan patroli malam mencegah peristiwa serupa terulang kembali.

Sementara peristiwa serupa pernah terjadi pada tahun 2012 di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang dimana sebanyak 12 ternak kambing hewan mati akibat serangan hewan buas.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top