4 Fakta DNA Kucing dan Harimau yang Bisa Mirip hingga 95 Persen

Senin, 30 Oktober 2023 - 17:08 WIB
loading...
4 Fakta DNA Kucing dan Harimau yang Bisa Mirip hingga 95 Persen
Kucing dan harimau memiliki DNA mirip hingga 95 persen. Foto/Tiger Universe
A A A
JAKARTA - Ada hal menarik dari perbandingan DNA kucing dan harimau . Menurut salah satu penelitian, DNA keduanya dikatakan cukup mirip.

Sebagian orang tentu akan menganggap kucing dan harimau sangat berbeda. Di satu sisi, kucing menjadi hewan peliharaan rumahan karena sifatnya yang lucu.

Sementara untuk harimau, orang-orang tentu mengenalnya sebagai binatang buas yang cukup mengerikan. Tak hanya itu, harimau juga hanya bisa dilihat di kebun binatang atau taman satwa lainnya.

Lantas, mengapa antara kucing dan harimau ini dikatakan memiliki kemiripan DNA? Simak ulasannya berikut ini.

Fakta DNA Kucing dan Harimau Mirip hingga 95 Persen


1. Bersumber Jurnal yang Terbit di Nature Communications


Munculnya pendapat DNA kucing dan harimau yang dikatakan cukup mirip tidak terjadi begitu saja. Hal ini sebelumnya didasarkan atas sebuah penelitian yang dilakukan sejumlah orang.



Penelitian tersebut dituangkan dalam sebuah jurnal berjudul “The tiger genome and comparative with lion and snow leopard genomes”. Lebih jauh, jurnal itu telah terbit di Nature Communications.

Penelitian tersebut sejatinya tidak secara spesifik membahas hubungan DNA antara kucing dan harimau. Namun, mereka menemukan hal tersebut di tengah-tengah penelitiannya tentang upaya menyelamatkan populasi ‘Big Cats’ di penjuru dunia, termasuk Harimau Siberia.

2. Memiliki DNA Mirip hingga 95 Persen


Pada penelitian untuk menyelamatkan populasi seperti Harimau Siberia yang terancam punah, mereka memperoleh banyak DNA hewan-hewan tersebut dan saling membandingkannya. Nah, di tengah prosesnya mereka juga menemukan adanya kemiripan antara harimau dengan kucing domestik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)