Doa Saat Terjadinya Gerhana Bulan atau Matahari

Senin, 30 Oktober 2023 - 12:52 WIB
loading...
Doa Saat Terjadinya Gerhana Bulan atau Matahari
Fenomena alam seperti gerhana dianggap sebagai bukti dari kekuasaan Allah. Sehingga disunahkan untuk mengamalkan ibadah sebanyak-banyaknya pada saat-saat tersebut, salah satunya dengan berdoa. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Doa saat terjadi gerhana baik gerhana matahari atau gerhana bulan penting diketahui umat Islam. Kenapa demikian? Karena matahari dan bulan merupakan mahkluk ciptaan Allah Subhanahu wa ta'ala yang sangat akrab dalam pandangan manusia.

Peredaran dan silih bergantinya baik matahari maupun bulan yang sangat teratur merupakan ketetapan aturan Penguasa Jagad Semesta ini, yakni Allah Ta'ala.

Sebagaimana firman-Nya:

الشَّمْسُ وَالْقَمَرُ بِحُسْبَا


”Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.” (QS Ar-Rahman : 5)

Fenomena alam seperti gerhana dianggap sebagai bukti dari kekuasaan Allah. Sehingga disunahkan untuk mengamalkan ibadah sebanyak-banyaknya pada saat-saat tersebut.

Tentu yang paling utama dilakukan saat terjadi gerhana adalah menjalankan salat sunah gerhana. Namun, selain salat gerhana, umat Islam pun dianjurkan berdoa. Berikut doa yang dianjurkan ketika terjadi gerhana:

Doa 1

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ يُخَوِّفُ بِهِمَا عِبَادَهُ وَإِنَّهُمَا لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ فَإِذَا رَأَيْتُمْ كُسُوفَ أَحَدِهِمَا فَصَلُّوا وَادْعُوا حَتَّى يَنْكَشِفَ مَا بِكُمْ


“Sesungguhnya matahari dan bulan itu adalah dua tanda kekuasaan Allah, agar hamba takut kepadaNya. Terjadinya gerhana matahari dan bulan itu bukanlah karena kematian seseorang. Maka jika engkau melihatnya, maka salatlah dan berdoalah hingga gerhana itu tersingkap dari kalian.” (HR. An Nasa’i; shahih).

Doa 2

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله، الله أكبر


Artinya: “Maha suci Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan selain Allah. Allah Mahabesar“.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)