Inilah 5 Keutamaan dan Manfaat Kalimat Syahadat yang Jarang Diketahui

Senin, 30 Oktober 2023 - 10:41 WIB
loading...
Inilah 5 Keutamaan dan Manfaat Kalimat Syahadat yang Jarang Diketahui
Syahadat merupakan rukun islam yang pertama, dan siapapun yang beragama Islam wajib mengucapkannya serta mengamalkan dalam keyakinannya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Salah satu syarat sebagai pemeluk agama Islam adalah mengucapkan dua kalimat syahadat . Mengapa harus mengucapkan kalimat syahadat? Karena ternyata selain sebagai rukun islam yang pertama, dalam syahadat juga banyak keutamaannya bagi seorang muslim terutama bagi teman-teman yang baru memeluk agama Islam.

Syahadat sendiri memiliki makna dan juga ucapan yang sama di manapun berada. Berikut bacaan syahadat:

Ayshadu An-la ilaha illallah” yang artinya saya bersaksi tiada tuhan selain Allah,
Wa Ayshadu Anna Muhammada Rasulullah” yang artinya dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. (Hamid Ahmad At-Thahir, 2010).

Syahadat sendiri adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Arab dengan arti syahida yang bersaksi. Dengan membaca kalimat laa ilaaha illallah dapat membawa kita menjadi penghuni surga. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW: “barang siapa yang akhir perkataannya sebelum menginggal dunia adalah laa ilaaha illallah, maka dia akan masuk surga” (HR. Abu daud).

“Tidaklah Kami utus seorang rasul pun sebelum kamu (Muhammad) kecuali Kami wahyukan kepadanya bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Aku. Karena itu, sembahlah Aku.” (QS. Al-Anbiya’:25)

Allah SWT berfirman:

شَهِدَ اللّٰهُ اَنَّهٗ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۙ وَالۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَاُولُوا الۡعِلۡمِ قَآٮِٕمًا ۢ بِالۡقِسۡطِ‌ؕ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُؕ


“Allah menyatakan tidak ada tuhan selain Dia; demikian pula para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.”(QS al-Imran: 18)

Di ayat yang lain, Allah SWT berfirman tentang status Rasulullah SAW sebagai utusan. “Hai Nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu untuk jadi saksi dan pembawa kabar gembira serta pemberi peringatan.”(QS al-Ahzab ayat 45).

Keutamaan Syahadat bagi Seorang Muslim

Dalam beberapa surat Al-Qur'an dijelaskan mengenai syahadat yang sangat penting yang harus disampaikan oleh umat muslim. Jika kita percaya pada rukun Islam pertama ini, maka banyak keutamaan dan manfaatnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut keutamaan syahadat :

1. Jauh dari Api Neraka

Syahadat memiliki kebaikan yang paling utama selain membebaskan manusia dari api neraka kalimat La Illaha Il Allah ini juga membawa kebaikan. Terutama sebagai seorang muslim dengan kata-kata ini.

Maka diharapkan seorang muslim dapat membatasi dirinya untuk menghindari hal-hal yang bersifat haram atau berdosa, dan juga melakukan apa yg badan serta kegiatan yang berpahala untuk memberikan manfaat kepada diri sendiri maupun orang lain. Selain itu bisa juga melakukan amalan-amalan yang menghapus dosa.

2. Kunci Pintu Surga

Syahadat adalah jalan untuk mendapatkan kunci dari 8 pintu surga. Dengan mengucapkan kalimat syahadat, merupakan seseorang yang berhak merasakan bagaimana wanginya surga ada delapan pintu surga yang dibuka oleh Allah SWT.

Salah satunya adalah hambanya yang bertakwa kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW, serta melakukan berbagai ibadah yang mendatangkan pahala. Termasuk salah satunya mengucapkan kalimat syahadat. Dengan begitu kita berhak merasakan bagaimana nikmatnya surga.

3. Batasan Muslim dan Kafir

Manfaat ketiga yaitu memutus antara muslim serta kafir. Dua kalimat syahadat merupakan tanda dari perpisahan seseorang yang memasuki agama Islam, sebagai landasan serta pedoman hidupnya.

Mereka meninggalkan mental jahiliyah atau berbagai sikap dan juga perilaku buruk lainnya sebelum mengucapkan kalimat syahadat. Ia harus benar-benar meninggalkan seluruh bentuk niat dan juga kegiatan yang mungkin bertentangan dengan agama Islam. Kenali juga hukum menghina orang kafir.

4. Tawakal

Syahadat dipercaya dapat menumbuhkan sikap tawakal yang dimiliki oleh umat muslim. Dengan adanya syahadat yaitu membantu kita meyakini bahwa yang dipercaya hanyalah Allah SWT sebagai Tuhan dan nabi Muhammad SAW sebagai Rasulnya. Hal ini menumbuhkan sikap dan juga rasa tawakal berserah diri serta ikhlas dalam menjalankan hidup sebagai seorang muslim.

5. Zikir

Keutamaan syahadat bagi seorang muslim yaitu salah satu zikir yang mendekatkan diri kita dengan Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai seorang muslim kita harus memahami hukum tawakal kepada Allah.

Zikir ataupun pujian dan juga ucapan yang di diulang secara berkala selama mungkin berbulan-bulan atau bertahun-tahun, dapat membantu kita untuk merasa lebih tenang dan juga merasa lebih dekat dengan Allah.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2586 seconds (0.1#10.140)