Bantu Pasarkan Produk Pedagang, Mahasiswa UGM Luncurkan YukLarisin.com

Jum'at, 08 September 2017 - 21:42 WIB
Bantu Pasarkan Produk Pedagang, Mahasiswa UGM Luncurkan YukLarisin.com
Bantu Pasarkan Produk Pedagang, Mahasiswa UGM Luncurkan YukLarisin.com
A A A
YOGYAKARTA - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi menantang para pedagang untuk memanfaatkan sistem online memasarkan produknya. Namun, aplikasi yang ada kerap hanya menyasar produk level atas. Untuk membantu pedagang keliling memasarkan produk, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat aplikasi startup yang diberi nama YukLarisin.com.

Aplikasi ini dikembangkan empat mahasiswa UGM, Oka Priambodo, Ganang Satria Pertama, Roni Fernando, dan Afiffah Nuur Mila Husniana. Ide awal ini muncul ketika kerap menemukan pedagang keliling yang mangkal di lingkungan kampus. Mereka merasa terpanggil untuk membantu penjualan hingga akhirnya membuat aplikasi ini setelah sempat berdiskusi dengan sejumlah pedagang. “Kami ingin membantu pedagang memasarkan produknya karena dagangan mereka susah laku, misalnya saat cuaca buruk,” ungkap Oka, Jumat (8/9/2017).

Gagasan para mahasiswa ini mendapat sambutan positif dari para pedagang. Banyak pedagang tertarik bergabung dalam aplikasi ini. dalam penerapan bisis ini, ada tim yang akan membantu pedagang memasang foto produk hingga menjemput dan mengirimkan produk tersebut kepada pembeli.

Sebagian besar yang telah bergabung para pedagang makanan siap saji, perabotan rumah tangga, pakaian, lukisan, dan kerajinan tangan. Sementara yang ditampilkan dalam aplikasi juga beragam, mulai dari madu hutan, anyaman bambu. sampai dengan keripik. Setiap pengunjung yang mengklik produk akan langsung terhubung dengan nomor customer service. “Ketika ada pemesanan dari konsumen, pengelola Yulklarisin.com akan mengambil barang ke pedagang dan mengantarkannya konsumen,” kata Roni.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8164 seconds (0.1#10.140)