7 Tempat Wisata Dingin di Pulau Kalimantan, Salah Satunya Puncak Tertinggi di Indonesia

Minggu, 29 Oktober 2023 - 11:29 WIB
loading...
7 Tempat Wisata Dingin di Pulau Kalimantan, Salah Satunya Puncak Tertinggi di Indonesia
Tempat wisata dingin di wilayah Kalimantan ini banyak terdapat di dataran tinggi. Salah satunya Gunung Meratus. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Tempat wisata dingin di wilayah Kalimantan ini banyak terdapat di dataran tinggi, utamanya adalah wisata gunung dan bukit. Tentunya tempat tersebut sangat cocok bagi para pencinta alam yang hendak menikmati pemandangan asri.

Setiap wilayah di Indonesia memiliki pesona tersendiri yang ditunjukkan melalui tempat wisata yang disuguhkan. Kalimantan misalnya, menyimpan sejumlah gunung dan dataran tinggi menakjubkan dan patut untuk dikunjungi.

Selain menghadirkan pemandangan yang indah, beberapa wisata ini juga terkenal sejuk. Berikut ini beberapa tempat wisata dingin di wilayah Kalimantan dirangkum dari berbagai sumber.


7 Tempat Wisata Dingin di Pulau Kalimantan

1. Gunung Meratus

Berada di Limbur, Hampang, Kotabaru, Kalimantan Selatan, tempat wisata ini menyajikan padang rumput yang hijau dapat menjadi spot foto yang sangat menarik, dengan panorama bukit dan kota di belakangnya.

Ketinggian gunung Meratus ini adalah 1.892 meter di atas permukaan laut, sehingga cukup mudah di jangkau bagi para pendaki pemula.

2. Gunung Liangpran

Gunung Liangpran berlokasi di Long Pahangai, Kab. Kutai Barat, Kalimantan Timur. Gunung tertinggi di Kalimantan Timur ini punya ketinggian 2.240 meter di atas permukaan laut.

Wisatawan sebenarnya tak perlu mencapai puncak untuk mendapatkan pemandangan yang indah. Karena itu wisata ini cukup sering dikunjungi oleh orang-orang yang tak melakukan kegiatan pendakian.

3. Gunung Kemul

Gunung Kemul adalah saksi sejarah antara beberapa suku yang berperang di zaman dahulu. Konon, ketika perang itu berakhir lokasi gunung ini lalu digunakan sebagai lahan kelapa sawit.

Lokasinya berada di Long Sule, Kayan Hilir, Kab. Malinau, Kalimantan Utara. Gunung ini memiliki tinggi 1847 meter di atas permukaan laut.

4. Gunung Palung

Berlokasi di Sedahan Raya, Kab. Kayong Utara, Kalimantan Barat, tepatnya ada di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung. Karenanya gunung ini memiliki air terjun yang berujung ke pantai pada kaki gunung.

Gunung yang punya ketinggian 1.116 meter di atas permukaan laut ini juga menyuguhkan habitat asli orangutan pada wisatawan.

5. Gunung Niut

Gunung Niut termasuk ke dalam Cagar Alam Niut Penrissen yang bagian utaranya berbatasan dengan Negeri Jiran, Malaysia. Berlokasi di Kecamatan Air Besar, Kab. Landak, Kalimantan Barat.

Wisata gunung di Kalimantan Barat ini memiliki ketinggian rata-rata 1.500 meter di atas permukaan laut.


6. Gunung Bukit Raya

Wisata yang berlokasi di Sebaung, Marikit, Kab. Katingan, Kalimantan Tengah, ini mewakili pulau Kalimantan di The Seven Summits of Indonesia, atau tujuh puncak tertinggi di 7 pulau besar di Indonesia dengan tinggi 2.278 meter di atas permukaan laut.

Gunung Bukit Raya ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, yang juga bagian dari pegunungan Muller Schwaner.

7. Gunung Beriun

Gunung satu ini terletak di Karangan, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Berbeda dengan gunung- gunung yang disebutkan sebelumnya, Gunung Beriun dinilai masih merupakan gunung yang “perawan” dan belum banyak didaki hingga puncaknya oleh para pendaki.

Wisata gunung di Kalimantan yang satu ini memiliki ketinggian 1.261 meter di atas permukaan laut. Para pelancong akan menikmati rimbunnya pepohonan dan sejuknya udara di area hutan di bawah kaki Gunung Beriun.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)