Pangdam Siliwangi Libatkan 3.000 Orang untuk Bersihkan DAS Citarum

Jum'at, 08 September 2017 - 16:02 WIB
Pangdam Siliwangi Libatkan 3.000 Orang untuk Bersihkan DAS Citarum
Pangdam Siliwangi Libatkan 3.000 Orang untuk Bersihkan DAS Citarum
A A A
BANDUNG - Selama enam bulan ke depan, Pangdam III/Silliwangi, Mayjen TNI M Herindra akan melaksanakan program Karya Bakti Citarum Bestari 2017. Salah satu kegiatannya adalah membersihkan Sungai Citarum, Jawa Barat, Jumat (8/9/2017).

Aksi pembersihan daerah aliran sungai (DAS) Citarum secara serentak ini dipusatkan di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini melibatkan 3.000 orang yang terdiri dari LSM, pelajar, pemerintah daerah dan masyarakat umum.

“Kita semua tentunya sangat prihatin dengan kondisi DAS Citarum yang kotor. Berbagai upaya pembersihan telah dilakukan namun jika masih seperti ini berarti apa yang dilakukan belum maksimal," ucapnya di hadapan personel TNI, pelajar, LSM dan pemerintah daerah, di Lapangan Yon Zipur 3/YW.

Pangdam mengaku sangat sedih dengan sampah yang masih banyak ditemui di Citarum. Untuk itu dia berharap dari kegiatan yang merupakan lanjutan program pada 2016 ini bisa membuat Citarum lebih baik dan bersih.

"Air itu sumber kehidupan jadi harus dijaga dan jangan disia-siakan," tandasnya.

Herindra menegaskan, selain mengangkut sampah dan mengeruk sedimentasi, edukasi terhadap masyarakat yang tinggal di bantaran sungai harus dilakukan agar mereka tidak membuang sampah ke sungai.

“Saya ingin jika ada industri yang tidak taat hukum dan lingkungan harus ditindak tegas supaya tidak membuat Citarum jadi hitam,” ucapnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6432 seconds (0.1#10.140)