Terlalu! Kandidat Gubernur Jabar Ramai-ramai Sakiti Pohon

Kamis, 07 September 2017 - 16:52 WIB
Terlalu! Kandidat Gubernur Jabar Ramai-ramai Sakiti Pohon
Terlalu! Kandidat Gubernur Jabar Ramai-ramai Sakiti Pohon
A A A
BANDUNG - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat menyoroti sikap kandidat calon gubernur yang digadang-gadang akan bertarung pada Pilgub Jawa Barat 2018. Para kandidat ini perlu disadarkan lantaran ramai-ramai menyakiti pohon.

Direktur Eksekutif Walhi Jawa Barat Dadan Ramdan mengatakan, pihaknya menemukan fakta di lapangan banyaknya pohon yang dijadikan sarana pemasangan poster kandidat calon gubernur. Mirisnya, pohon-pohon itu dipaku.

"Di beberapa lokasi seperti di Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Banjar, Subang, Purwakarta, banyak poster-poster balon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat yang dipasang di tempat yang tidak diperbolehkan seperti di pepohonan," kata Dadan.

Menurut Dadan, pemasangan poster itu menyalahi Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pemasangan Alat Peraga Kampanye. Mirisnya, saat ini belum memasuki masa kampanye. Mereka yang posternya terpampang pun baru menyandang status sebagai bakal calon (balon), bukan calon resmi yang akan bertarung di pilgub.

"Mereka masih balon, tapi sudah melakukan praktik-praktik seperti itu," cetusnya.

Dadan mengatakan, tidak semua kandidat memasang posternya di pohon. Mereka yang memasang posternya di pohon di antaranya Ridwan Kamil dan Agung Suryamal.

Menurutnya, pemasangan poster itu tidak semata-mata kesalahan kandidat itu sendiri. Sebab, bisa saja itu dilakukan oleh tim sukses atau simpatisan masing-masing kandidat. Tapi, harusnya para kandidat memiliki kontrol dan memantau tindakan tim sukses dan simpatisannya.

Dadan pun menyesalkan kenapa hal itu bisa terjadi. Para kandidat, termasuk tim sukses dan simpatisannya, harusnya tidak memasang poster di pohon, apalagi dengan menancapkan paku. Itu jelas perusakan lingkungan.

Disinggung berapa banyak poster kandidat cagub yang terpasang di pohon dengan menggunakan paku, Dadan mengaku belum tahu persis jumlahnya. Sebab, saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan.

Sementara itu, Jubir Relawan Ridwan Kamil Ramram Muhammad memberikan jawaban soal poster kandidatnya yang dipasang di pohon. Menurutnya, Relawan Ridwan Kamil sudah menetapkan standar operasional prosedur pemasangan alat peraga sosialisasi, di antaranya tidak boleh menggunakan paku di pohon.

Pihaknya pun sudah mencabut poster yang terpasang di pohon, salah satunya di Purwakarta. Ridwan Kamil sendiri menurutnya sudah memberikan peringatan kepada relawannya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7009 seconds (0.1#10.140)