Manfaat Meditasi di Pagi Hari, Perhatikan Gerakannya

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 07:00 WIB
loading...
Manfaat Meditasi di Pagi Hari, Perhatikan Gerakannya
Manfaat meditasi di pagi hari tidak ada kaitannya dengan meditasi itu sendiri, melainkan lebih berkaitan dengan pengaturan di kemudian hari.Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Manfaat meditasi di pagi hari tidak ada kaitannya dengan meditasi itu sendiri, melainkan lebih berkaitan dengan pengaturan di kemudian hari.

Meditasi adalah istilah umum untuk berbagai teknik fokus mental yang dapat membantu menyatukan tubuh dan pikiran. Ini melibatkan aspek konsentrasi, relaksasi, perhatian dan netralitas emosional. Bagi banyak orang, ini juga merupakan pengalaman spiritual.

Meditasi umumnya dipandang sebagai cara aman untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan fisik dan mental.

Jika Anda ingin menambahkan meditasi ke dalam rutinitas Anda, tidak ada waktu yang “buruk” untuk melakukannya, namun manfaat bermeditasi di pagi hari mungkin menarik.


Waktu terbaik bermeditasi

Dilansir Healthline pada Sabtu (28/10/2023), waktu terbaik untuk bermeditasi adalah waktu yang sesuai dengan jadwal dan tingkat motivasi Anda.

“Waktu terbaik untuk bermeditasi adalah saat Anda benar-benar berkomitmen untuk melakukannya,” kata John Mathews, pekerja sosial klinis berlisensi dari Midlothian, Virginia.

“Kebijaksanaan konvensional adalah bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukannya, dan jika Anda dapat meluangkan waktu di pagi hari, itu adalah hal yang bagus. Tetapi jika tidak – kapan pun Anda dapat menyisihkan waktu untuk meditasi adalah waktu yang tepat,” ujar John Mathews lagi.

Manfaat meditasi di pagi hari

Manfaat meditasi tidak bergantung pada waktu, namun ada alasan mengapa praktisi sering merekomendasikan meditasi di pagi hari.

Memulai hari libur dengan benar

Aine Rock, instruktur meditasi bersertifikat dan pakar kesehatan integratif dari Los Angeles, California, menjelaskan bahwa bermeditasi di pagi hari akan menentukan semangat untuk sisa hari itu.

“Meditasi pagi hari memberikan landasan ketenangan dan keseimbangan untuk hari yang akan datang,” katanya. “Ini membantu memusatkan pikiran, mengelola stres, dan meningkatkan kesejahteraan emosional secara keseluruhan.”

Mengelola hari-hari yang sangat menegangkan

Meditasi pagi hari dapat membantu Anda mengelola perasaan khawatir, antisipasi, dan kecemasan pada hari-hari yang sangat menegangkan.

Mathews menunjukkan ada pepatah meditasi, yang sering dikaitkan dengan Gandhi, bahwa pada hari-hari dia sangat sibuk, dia bermeditasi selama dua jam di pagi hari, bukan satu jam.

“Poin yang ia sampaikan adalah bahwa meditasi dapat membantu kita mempersiapkan diri menghadapi hari tersebut, dan hari-hari di mana kita berpikir bahwa kita mempunyai waktu paling sedikit untuk bermeditasi mungkin adalah hari-hari yang dapat kita manfaatkan secara maksimal,” ujar John Mathews.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)