TNI Temukan Ladang Ganja di Pegunungan Papua

Senin, 04 September 2017 - 01:59 WIB
TNI Temukan Ladang Ganja di Pegunungan Papua
TNI Temukan Ladang Ganja di Pegunungan Papua
A A A
KEEROM - Tim Gabungan Kompi C Satgas Yonif 410/Alugoro, Papua, menemukan ladang ganja di lereng hutan pegunungan Provinsi Papua, persisnya antara Kampung Kali Lapar dan Umb Apuy, Distrik Keerom. Di ladang ganja, tim menemukan 40 batang ganja siap panen yang tingginya rata-rata 150 cm.

Temuan ladang ganja itu dipimpin langsung Komandan Kompi (Danki) C Lettu Inf Sarimin Syaiful dan Komandan Pos Kali Lapar Lettu Inf M Ikhsan. Oleh tim yang beranggotakan 10 personel, semua tanaman ganja dicabut dan dibawa ke Pos Kali Lapar untuk diamankan dan diserahkan ke Kolakops Korem 172/PWY sebagai barang bukti.

Menurut Danki C Lettu Inf Sarimin Syaiful ladang ganja yang siap panen ini belum diketahui siapa pemiliknya. “Lokasi tanaman ganja ini berada di antara Kampung Kali Lapar dan Kampung Umb Apuy. Nanti kita cari tahu siapa pemilik ladang ganja ini,” katanya, Minggu (3/9/2017).

Danpos Kali Lapar Lettu Inf M Ikhsan menambahkan, untuk menjangkau lokasi ladang ganja medannya cukup berat dan jauh dari jalan raya. Bahkan, tim harus menyeberangi beberapa sungai dan menulusuri lereng gunung serta menembus lebatnya hutan belantara.

Pemilik ladang ganja ini nampaknya sengaja memilih tempat yang jauh dari pemukiman/perkampungan supaya tidak terdeteksi oleh siapa pun, terutama pihak keamanan. “Mereka memilih lereng gunung ini karena sangat subur sehingga sangat cocok untuk tanaman ganja. Ke depannya kami akan selalu rutin mengadakan patroli keamanan seperti ini,” ujarnya

Di sepanjang wilayah perbatasan Papua ini, kata Ikhsan, memang sangat rentan dijadikan ladang ganja. sebab, tanah di area ini sangat subur dan medan yang bergunung serta hutan yang lebat, sulit dideteksi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5571 seconds (0.1#10.140)