Diamuk Puting Beliung, 112 Rumah di Barito Kuala Rusak

Kamis, 26 Oktober 2023 - 14:04 WIB
loading...
Diamuk Puting Beliung, 112 Rumah di Barito Kuala Rusak
Sekitar 112 rumah di Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung pada, Rabu (25/10/2023). Foto/iNews TV/Muhammad Tamyiz
A A A
BARITO KUALA - Puting beliung menerjang Kecamatan Jejangkit, Kabupaten barito Kuala, pada Rabu (25/10/2023). Akibat amukan angin puting beliung tersebut, ratusan rumah warga di dua desa mengalami kerusakan utamanya pada bagian atap.



Dari hasil pendataan BPBD Kabupaten Barito Kuala, hingga Kamis (26/10/2023), ada sebanyak 112 rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung. Warga Desa Jejangkit Muara, Aji mengaku, rumahnya mengalami kerusakan pada bagian atap.



"Atapnya rusak akibat diterjang angin puting beliung. Akhirnya semalam mengungsi ke rumah tetangga yang kondisi rumahnya masih utuh. Ada juga warga yang mengungsi ke rumah keluarga," ungkap Aji.



Sementara warga Desa Jejangkit Muara, Rudi mengaku, angin puting beliung tersebut bertiup dari arah timur, dan langsung bergerak cepat menerjang wilayah perkampungan. "Sejumlah tiang listrik juga roboh, sehingga terjadi pemadaman listrik," ungkapnya.

Dua desa yang diterjang angin puting beliung adalah Desa Jejangkit Muara, dan Desa Jejangkit Pasar. Saat ini warga mulai mengemasi barang-barang yang tersapu angin puting beliung, dan membersihkan material yang berserakan, serta memperbaiki kerusakan rumahnya.



Kepala Desa Jejangkit Muara, Muhammad Taufik berharap, segera ada bantuan dari Pemkab Barito Kuala, utamanya material bangunan untuk memperbaiki atap-atap rumah warga, serta bahan makan.

"Jumlah bangunan yang rusak diperkirakan akan terus bertambah, karena saat ini masih kami lakukan pendataan. Selain rumah warga, sejumlah fasilitas umum juga mengalami kerusakan," ujar Taufik.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)