Sekda Bandung Maju Pilwalkot, Ridwan Kamil Segera Konsultasi dengan Mendagri

Rabu, 30 Agustus 2017 - 20:49 WIB
Sekda Bandung Maju Pilwalkot, Ridwan Kamil Segera Konsultasi dengan Mendagri
Sekda Bandung Maju Pilwalkot, Ridwan Kamil Segera Konsultasi dengan Mendagri
A A A
BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil segera berkonsultasi dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terkait persoalan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang maju dalam pilkada. Sebab, sebelumnya pernyataan Mendagri terkait ASN yang maju dalam pilkada harus mengundurkan diri dari jabatannya, dinilai masih multitafsir.

"Kesimpulannya masih fifty-fifty. Saya akan konsultasi lebih dalam lagi dengan Mendagri karena ini masih multitafsir," kata Ridwan Kamil di Pendopo, Kota Bandung, Rabu(30/8/2017).

Ridwan Kamil mengungkapkan, persoalan ASN yang maju dalam pilkada ini sempat ditanyakan ke sejumlah ahli. Beberapa ahli memang menyebutkan jika ASN telah mendaftar ke salah satu partai dikhawatirkan memiliki keberpihakan batin dengan parpol tersebut.

Di sisi lain, kata dia, ada juga pihak yang mengungkapkan, kasus ini pernah diuji di Mahkamah Konstitusi (MK) sebanyak 3 kali dan hasilnya, ASN harus mundur dari jabatannya jika setelah ditetapkan sebagai pasangan calon.

"Nah, saya tidak mau gegabah karena ini nasib seseorang dan keluarganya. Jadi, saya akan konsultasikan lebih dulu dengan Mendagri," ujar dia.

Seperti diketahui, dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Barat, ada dua nama besar sekretaris daerah (sekda) yang digadang-gadang bakal berpartisipasi dalam pilgub dan Pilwalkot Bandung. Kedua ASN tersebut adalah Sekda Jabar Iwa Karniwa dan Sekda Kota Bandung Yossi Irianto.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5269 seconds (0.1#10.140)