Ini Penjelasan BMKG Soal Hujan Turun Hanya di 1 Rumah

Rabu, 30 Agustus 2017 - 07:09 WIB
Ini Penjelasan BMKG Soal Hujan Turun Hanya di 1 Rumah
Ini Penjelasan BMKG Soal Hujan Turun Hanya di 1 Rumah
A A A
JAKARTA - Beredar video hujan turun di salah satu rumah di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu membuat geger warganet. Menanggapi hal itu, Kabag Humas BMKG Hary Tirtplo Djatmiko megatakan, ditinjau dari sisi fenomena cuaca hujan lokal bisa terjadi.

"Namun dengan syarat dan ketentuan berlaku dimana parameter cuacanya terpenuhi. Seperti penguapan, suhu, kelembapan, arah kecepatan angin, dan awannya," kata Hary saat dihubungi SINDOnews, Selasa 29 Agustus 2017.

Fenomena tersebut, lanjut Hary, bisa terjadi pada masa transisi atau pancaroba maupun musim kemarau. Biasanya terjadi antara siang dan menjelang malam dengan durasi singkat.

Di samping itu beberapa hari belakangan ini angin kencang di atas rata-rata. Kondisi ini membuat potensi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan sangat kecil.

"Jadi ada syarat parameter cuaca tidak terpenuhi yaitu angin kencang dan kelembaban yang relative cukup lembab. Sehingga kemungkinan kecil sekali dan sulit terjadi kalau kejadian sifatnya alami," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah fenomena alam yang tidak biasa terjadi. Hujan yang biasanya mengguyur suatu wilayah namun malam itu hujan hanya mengguyur 1 rumah saja. (Baca Juga: Fenomena Aneh, Hujan Hanya Guyur 1 Rumah di Tebet
"Jadi di Tebet ada satu rumah hujan eh hujan di satu rumah doang. Rumah ini doang. Sananya kering, sininya kering. Cuma rumah ini aja," ujar sebuah akun twitter @febicil. Dalam video itu, jalan depan rumah tetangga mereka nampak kering.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5050 seconds (0.1#10.140)