alexa snippet

Parah, Unit Usaha Bakso Mekar Diduga Mengandung Babi

Parah, Unit Usaha Bakso Mekar Diduga Mengandung Babi
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) menenumkan sebuah usaha bakso yang dicurigai memakai daging babi. Okezone/Banda
A+ A-
PEKANBARU - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) menenumkan sebuah usaha bakso yang dicurigai memakai daging babi. Berdasarkan hasil laboratorium, bahwa usaha kecil menengah menengah (UMKM) positif mengandung babi.

Berdasarkan surat edaran dari BBPOM, yang hari ini beredar bahwa unit usaha Bakso Mekar mengandung babi. Bakso Mekar sendiri beralamat di Jalan Ahmad Dahlan Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru.

Dari surat edaran (SE) bahwa BBPOM Pekanbaru, Riau mendatangi Bakso Mekar beberapa waktu lalu. Kemudian dilakukan serangkaian pennyelidikan dan tes uji lab. Berdasarkan hasil uji laboratorium, BBPOM menyatakan bahwa bahan Bakso Mekar tidak memenuhi syarat karena mengandung fragmen DNA spesifik forcine (babi).

Atas temuan itu, dalam surat edaran yang ditandatangi Kepala BBPOM Pekanbaru, M Khasuri meminta Dinas Kesehatan Pekanbaru untuk bertindak tegas. Dimana setiap unit usaha basko harus memenuhi syarat dengan bahan dasar yang sehat, bermutu dan tidak bertentangan dengan agama dan budaya.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Pekanbaru Helda S Munir yang dikonfirmasi terkait edaran BBPOM menyatakan sudah menindaklanjuti dengan mendatangi usaha Bakso Mekar yang mengandung babi itu. "Iya kita sudah mendapatkan surat edaran terkait Bakso Mekar," ucapnya.

Dinkes menyatakan timnya sudah turun pada 25 Agustus lalu. Hasilnya memang pemilik tidak bisa menunjukan izin dari Dinkes Pekanbaru."Mereka memang tidak mengontongi izin dari dinas," pungkasnya.
(nag)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top