alexametrics

Dibuka Presiden Jokowi, Karnaval Kemerdekaan Berlangsung Meriah

loading...
Dibuka Presiden Jokowi, Karnaval Kemerdekaan Berlangsung Meriah
Presiden Jokowi melintas dengan menggunakan kendaraan hias saat pembukaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (26/8/2017). Foto/Okezone/Oris Riswan
A+ A-
BANDUNG - Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (26/8/2017) sekira pukul 14.30 WIB. Prosesi dimulainya karnaval dilakukan Presiden Jokowi dengan memukul kohkol atau kentongan dan gendang tangan. Setelah itu, marching band dan pasukan berkuda melaju lebih dulu.

Presiden Jokowi lalu melintas dengan menggunakan kendaraan hias yang cukup besar. Ia terlihat di bagian atas mobil. Tampil menggunakan beskap Sunda berwarna ungu dan mengenakan blangkon, Presiden Jokowi tampak 'Nyunda'. Sementara Iriana Jokowi yang mendampingi, tampak elegan mengenakan kelom geulis, alas kaki khas Tasikmalaya.

Presiden pun melambaikan tangannya kepada masyarakat yang tampak ramai di kiri dan kanan. Senyum lebar pun tak henti-hentinya dilepaskan Presiden Jokowi sambil menyapa masyarakat. Warga yang tumplek di lokasi pun tampak antusias. Mereka ada yang berteriak hingga bertepuk tangan. Jepretan kamera dan telepon seluler pun mendominasi di lokasi.



Presiden Jokowi terlihat satu mobil bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang mengenakan beskap putih berbalut blangkon berwarna coklat. Ada juga Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang mengenakan beskap putih dan ikat kepala khas Sunda berwarna biru-hitam.

Dari mobil yang dikendarai Presiden Jokowi, ada satu orang yang membagi-bagikan kaos kepada warga di sekitar lokasi. Terlihat kaos berwarna merah yang dibungkus plastik berwarna bening dilemparkan kepada mereka. Warga pun berebut untuk mendapatkan kaos tersebut.

Sebelumnya, prosesi karnaval dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh paduan suara NHI dan koor 1.000 anak sekolah dengan dirigen Addie MS. Setelah itu, puluhan penari dari Sanggar Tari Titi Mangsa. Mereka tampil dengan beragam pakaian tradisional. Ada yang memakai pakaian penari merak hingga baju dari injuk serta topeng berukuran besar.

Berikutnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyematkan pin kepada tim pasukan semut. Tim itu terdiri dari anak sekolah yang bertugas untuk membersihkan sampah di sepanjang jalur karnaval. Saat ini, rombongan peserta karnaval terus melintas di lokasi dengan rute menuju Taman Vanda dan akan berakhir di kawasan Asia-Afrika. Beragam kendaraan hias dan pakaian unik peserta menjadi pemandangan seru di lokasi.
(mcm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak