alexametrics

Begini Persiapan di Gedung Sate Jelang Karnaval Kemerdekaan

loading...
Begini Persiapan di Gedung Sate Jelang Karnaval Kemerdekaan
Suasana persiapan pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, sejak Sabtu pagi (26/8/2017). Foto/Okezone/Oris Riswan
A+ A-
BANDUNG - Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 akan digelar di Kota Bandung Sabtu (26/8/2017) pukul 14.00 WIB nanti. Persiapan pun terus dikerjakan panitia. Pantauan di sekitar Gedung Sate pukul 09.50 WIB, panitia tampak mempersiapkan berbagai hal untuk mendukung kelancaran karnaval.

Di area Jalan Diponegoro, tepat di depan Gedung Sate, sudah dipasang panggung dan kursi untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan tamu undangan lainnya. Lalu-lalang peserta juga terlihat ramai. Ada yang membawa bendera, memasang area panggung di sekitar lokasi, hingga mempersiapkan kamera. Dua mobil yang sudah dihias juga sudah mejeng, yaitu dari Aceh dan Maluku. Persiapan teknis dilakukan agar saat karnaval nanti semua bisa berjalan lancar.

Di Taman Lansia yang tak jauh dari lokasi, beberapa peserta juga terlihat mempersiapkan diri. Salah satunya pasukan gorong-gorong dari Kota Bandung. Polisi, TNI, Satpol PP, dan sejumlah pihak lain juga turut melakukan pengamanan dan pengalihan arus lalu lintas. Mereka mengatur kendaraan yang melintas ke sekitar lokasi agar tidak terjadi kemacetan.



Karnaval Kemerdekaan yang dimulai pukul 14.00 WIB. Kegiatan itu akan dibuka oleh Presiden Jokowi. Selain itu, Presiden Jokowi juga akan menjadi peserta karnaval dan menempati posisi paling depan sebagai pemimpin rombongan. Presiden akan menggunakan kendaraan hias yang dirancang para seniman Bandung. Ia akan bergerak dari Gedung Sate, Jalan Ir Djuanda (Dago), hingga Jalan Merdeka. Ia kemudian akan turun di Taman Vanda di sekitar Jalan Merdeka.

Di sana, Jokowi akan melihat iringan peserta karnaval yang meneruskan perjalanan hingga ke Jalan Asia-Afrika. Rencananya, karnaval akan selesai sekira pukul 17.00 WIB. Setelah itu, kegiatan akan dilanjutkan dengan car free night (CFN) di Jalan Asia-Afrika hingga tengah malam.

Karnaval ini melibatkan lebih dari 2.500 peserta dari 13 provinsi se-Indonesia. Sebanyak 20 perwakilan dari kabupaten/kota di Jawa Barat juga akan hadir sebagai peserta. Informasi dari panitia, hewan-hewan juga akan jadi peserta karnaval, mulai dari domba, kuda, hingga anjing. Selain berbalut kebudayaan tradisional, peserta karnaval juga ada yang berbalut nuansa modern. Salah satunya adalah komunitas cosplay dan Bobotoh. Bahkan, pemain Persib akan ikut dalam rombongan.

Karnaval Kemerdekaan merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan RI. Sebelumnya, sejumlah acara sudah digelar, namun kegiatan di Bandung hari ini benar-benar jadi puncak kemeriahan. Semua yang hadir pun diharapkan larut dalam kebahagiaan dalam merayakan Kemerdekaan RI.
(mcm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak