Pesona Budaya Batak 2017 Bangkitkan Tradisi Leluhur

Jum'at, 25 Agustus 2017 - 22:22 WIB
Pesona Budaya Batak 2017 Bangkitkan Tradisi Leluhur
Pesona Budaya Batak 2017 Bangkitkan Tradisi Leluhur
A A A
PARAPAT - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Nurhajizah Marpaung mengapresiasi Pesona Budaya Batak 2017 yang digelar mahasiswa Parapat-Ajibata dan Yayasan Pusuk Buhit Sakti di Open Stage Parapat, Sumatera Utara, Jumat (25/8/2017).

Even ini diharapkan dapat mengangkat kembali budaya dan tradisi yang selama ini dilupakan masyarakat. Selain itu sebagai upaya percepatan memenuhi rekomendasi geopark Kaldera Toba untuk masuk menjadi global geopark network (GGN) UNESCO.

Pesona Budaya Batak 2017 ini dibuka Wagub dengan memukul gong dimulainya berbagai rangkaian kegiatan diantaranya tarian tradisional tortor cawan massal, haruan bolon, tortor enam puak, pertunjukan seni bela diri tradisional, pameran benda pusaka sejarah Batak serta kuliner 1000 Dolung-dolung, dan kompetisi lainnya.

“Saya mengapresiasi semangat muda-mudi dan masyarakat Parapat –Ajibata dalam mengembangkan budaya Batak dalam mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Geopark Danau Toba,” ujar Nurhajizah ketika membuka cara tersebut.

Berbagai rangkaian kegiatan akan meramaikan acara itu. Di antaranya tarian tradisional tortor cawan massal, haruan bolon, tortor enam puak, pertunjukan seni bela diri tradisional, pameran benda pusaka sejarah Batak serta kuliner 1000 Dolung-dolung, dan kompetisi lainnya.

Pada kesempatan itu, Nurhajizah mengatakan saat ini Pemprov Sumut sedang berusaha memenuhi lima rekomendasi UNESCO agar Danau Toba menjadi destinasi Geopark dan menjadi taman bumi yang bersih, manusiawi dan berbudaya.

Ketua Yayasan Pusuk Buhit Sakti, Marden Sori Mangaraja Sitanggang mengatakan, saat ini masyarakat Parapat-Ajibata terus berupaya untuk tak meninggalkan sejarah dan budaya. Pesona budaya Batak ini diharapkan dapat menggali budaya yang hampir dilupakan kalangan masyarakat.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8083 seconds (0.1#10.140)