KIM Tunjuk Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Pengamat: Definisi Pengkhianatan Politik

Senin, 23 Oktober 2023 - 15:04 WIB
loading...
KIM Tunjuk Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Pengamat: Definisi Pengkhianatan Politik
Pengamat Politik Yusfitriadi mengatakan dapat dipastikan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara faktual dan semua keluarganya akan mendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah memutuskan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang bakal mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat Politik Yusfitriadi mengatakan dapat dipastikan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara faktual dan semua keluarganya akan mendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Begitu juga dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.



"Namun dalam waktu singkat demi sebuah bangunan politik dinasti kekuasaan dengan mudah meninggalkan partai yang sudah menghantarkannya menjadi pemimpin bangsa ini," kata Yusfitriadi dalam keterangan tertulisnya dikutip, Senin (23/10/2023).

"Bagi saya ini adalah definisi "pengkhianatan politik" yang cukup barbar. Atau memang ada kesalahan yang cukup besar dan fundamental dilakukan oleh PDIP sehingga membuat Jokowi dan keluarganya tidak nyaman berada di "kandang banteng"," jelasnya.

Selanjutnya, Yusfitriadi mengatakan masalah pengkhiatan atau ketidaknyamanan itu hanya PDIP dan Jokowi yang tahu. Di sisi lain, Partai Golkar seakan tidak memiliki institusionalisasi. Dengan kekuatan dan kebesaran Partai Golkar dan berlimpahnya kader untuk bisa mengikuti kontestasi politik pada Pemilu 2024.

"Tiba-tiba "membajak" kader partai lain. Ditambah kader partai lain tersebut tidak memiliki elektabilitas lebih kuat dibandingkan kader Golkar sendiri. Contohnya, Ridwan Kamil yang memiliki elektabilitas cukup tinggi dalam bursa calon wakil presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Sudah tidak sehat lagi demokratisasi di internal Partai Golkar," papar Yusfitriadi.

Sederet aktor dan tokoh politik yang mumpuni, kata Yusfitriadi, pada akhirnya selesai di tangan jokowi yang lebih baru di kancah politik dibandingkan kader Golkar dengan usia partai yang seharus sudah mapan.



"Jadi bisa dipastikan kaderisasi Partai Golkar selama ini tidak mempunyai makna apa pun, ketika berhadapan dengan intervensi Jokowi. Jika Gibran dideklarasikan sebagai Calon Wakil Presiden untuk menegakkan institusional partai politik," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)