10 Tentara AS Hilang, Basarnas Lakukan Pencarian di 12 Titik Pesisir Pulau Bintan

Selasa, 22 Agustus 2017 - 17:45 WIB
10 Tentara AS Hilang, Basarnas Lakukan Pencarian di 12 Titik Pesisir Pulau Bintan
10 Tentara AS Hilang, Basarnas Lakukan Pencarian di 12 Titik Pesisir Pulau Bintan
A A A
TANJUNGPINANG - Badan SAR Nasional (Basarnas) Kepri melakukan pencarian di 12 titik untuk menemukan 10 tentara kapal perang Amerika Serikat (AS) yang hilang di Selat Singapura, Selasa (22/8/2017). Basarnas melakukan pencarian sepanjang pesisir Pulau Bintan, Utara Pulau Batam, dan Selat Malaka.

"Hari ini (Selasa) ada 12 titik pencarian, mulai dari penyisiran timur Pulau Bintan sampai sepanjang utara Pulau Bintan, serta utara Pulau Batam, dan Selat Singapura. Pencarian juga dilakukan sepanjang Utara Pesisir Pulau Batam dan Selat Singapura," kata Kepala Kantor Basarnas Kepri Djunaidi di atas kapal KN SAR Purworejo.

Sejak terjadinya tabrakan kapal tabrakan antara kapal USS John S Mccain (DDG) 56 dengan MV Alnic MC berbendera Liberia, Senin (21/8/2017) pagi, sampai saat ini 10 tentara AS yang hilang belum juga dapat ditemukan. Khusus Basarnas, pencarian korban dilakukan sebanyak dua kapal yakni KN SAR Purworejo dan KN SAR Romeo Bravo 209.

Djunaidi menyampaikan, pencarian dari jarak 5 notical mill dari arah timur laut Pulau Pedra Branca yang sudah masuk wilayah Malaysia. Pencarian dilakukan sepanjang 40 mil dengan kecepatan 16 knot. "Dikhawatirkan korban terkena kapal niaga yang lalu lalang di Selat Singapura, karena kapal sangat ramai," katanya.

Djunaidi menyampaikan aturan kerja sama SAR antara Malaysia, Singapura, dan Indonesia terkait insiden kecelakaan laut, ketiga negara akan terlibat melakukan pencarian. "Jika terjadi musibah maka ketiga negara terlibat melakukan pencarian, tapi yang melakukan pencarian difokuskan oleh pemilik wilayah kejadian," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2823 seconds (0.1#10.140)