Kemarau, Ratusan Hektare Sawah Petani Indramayu Gagal Panen

Selasa, 22 Agustus 2017 - 10:36 WIB
Kemarau, Ratusan Hektare Sawah Petani Indramayu Gagal Panen
Kemarau, Ratusan Hektare Sawah Petani Indramayu Gagal Panen
A A A
INDRAMAYU - Kemarau panjang membuat ratusan hektare tamanan padi di blok gopala Desa Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat rusak dan mengering.

Kekeringan selama dua bulan terakhir, membuat petani padi merugi hingga ratusan juta rupiah akibat gagal panen yang sebabkan kemarau panjang.

Bahkan untuk menyiasati kerugian yang sangat besar, petani terpaksa memanen tanaman padinya sejak dini, meski hasil panen mereka tidak sebanding dengan modal yang ia keluarkan.

Biasanya petani memanen tanaman padi menghasilkan sekitar delapan ton, namun akibat gagal panen ini petani hanya mendapatkan dua hingga tiga ton dalam satu hektar dengan kualitas gabah tanpa berisi bulir padi.

"Bahkan, tanaman padi kami banyak mati akibat musim kemarau panjang dan kurangnya pasokan air dari irigrasi serta air hujan," ujar Jajang, salah seorang petani.

Setiap tahunnya, wilayah Kabupaten Indramayu selalu di landa kekeringan akibat musim kemarau. Para petani berharap pemerintah setempat dapat membangun saluran irigrasi untuk mengairi sawah mereka guna mencegah gagal panen yang kian meluas di desa mereka tersebut.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0750 seconds (0.1#10.140)