Hebohkan Warga, Pemda Tanah Datar Bakal Teliti Batu Perkasa

Selasa, 22 Agustus 2017 - 06:50 WIB
Hebohkan Warga, Pemda Tanah Datar Bakal Teliti Batu Perkasa
Hebohkan Warga, Pemda Tanah Datar Bakal Teliti Batu Perkasa
A A A
BATUSANGKAR - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, akan melakukan penelitian terkait penemuan "Batu Perkasa" yang ditemukan oleh warga di kawasan pamakaman tanah ulayat Ateh Puwun, Jorong Balai Tabuah, Nagari Tanjuang, Kecamatan Sungayang. Ini disebutkan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, saat datang langsung ke lokasi bersama Kapolres Tanah Datar dan Dandim 0307 Tanah Datar, Senin 21 Agustus 2017.

Bupati Irdinansyah mengatakan, akan menyerahkan kepada ahlinya, yaitu Balai Peninggalan Cagar Budaya (BPCB) wilayah Sumbar-Riau-Jambi untuk dipelajari.

"Kita akan lakukan penelitian hingga nantinya kita bisa tahu persis dan jangan-jangan kita nanti bisa menungkap ada bagian sejarah minangkabau yang terselip di sini," ujarnya saat didampingi Kapolres Tanahdatar AKBP Bayuaji Yudha Prajas dan Dandim 0307 Tanahdatar Letkol Infanteri Nandang Dimyati.

Kepada masyarakat, dia meminta, agar tak berpikiran negatif dengan bentuk batu yang serupa alat kelamin. "Ini kan sebuah karya, jadi barangkali ada makna tersendiri oleh sang pembuatnya. Yang jelas saat ini mari sama-sama kita jaga," katanya.

Sementara Kapolres Tanahdatar AKBP Bayuaji Bayuaji Yudha Prajas memerintahkan jajarannya untuk memberi garis polisi di area batu. "Sengaja kita garis agar batu ini tidak dirusak oleh tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.

Keberadaan batu ini diharapkan pemerintah dan warga sekitar dapat menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung destinasi wisata baru di Sungayang. Tidak tertutup kemungkinan bahwa batu ini merupakan peninggalan sejarah yang barangkali memiliki nilai histori terkait dengan sejarah kejayaan Minangkabau.

Sebelumnya, sejak Kamis 17 Agustus pekan lalu, warga Sungayang dihebohkan oleh penemuan batu berbentuk alat kelamin laki-laki, yang disebut warga dengan "Batu Perkasa" di pemakaman tanah ulayat milik warga setempat.

Menurut warga, keberadaan batu tersebut sebenarnya sudah lama diketahui, namun selama ini warga belum mengetahui keunikan bentuknya karena berada dalam posisi rebah. (Baca Juga: Heboh Penemuan "Batu Perkasa" Mirip Alat Kelamin Laki-laki
Barulah pada pekan lalu, saat salah seorang warga setempat meninggal dunia dan akan dimakamkan di pemakaman Ateh Puwun, warga berinisiatif untuk menegakkan batu, dan barulah bentuk batu yang unik terlihat. Sejak batu berukuran 1,5 meter dengan diameter lebih kurang 60 cm itu tegak, banyak warga yang berfoto di samping batu, lalu mempostingnya di media sosial, sehingga penemuan "Batu Perkasa" semakin viral.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6339 seconds (0.1#10.140)