West Java Eco Marathon, Peserta Akan Lintasi Jalur Pegunungan

Senin, 21 Agustus 2017 - 22:01 WIB
West Java Eco Marathon, Peserta Akan Lintasi Jalur Pegunungan
West Java Eco Marathon, Peserta Akan Lintasi Jalur Pegunungan
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat menggelar event marathon bertajuk West Java Eco Marathon (WEM) 2017 sebagai bagian dari promosi pariwisata alam di Provinsi Jabar.

Event berskala internasional tersebut sejalan dengan Program Kampanye Pariwisata Pemprov Jabar bernama Gurilap (gunung, rimba, laut, dan pantai. WEM dipastikan memberikan pengalaman berbeda karena melintasi alam eksotis Tatar Parahyangan.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan WEM 2017 sebagai salah satu sarana promosi pariwisata Jabar. Aher, sapaan akrabnya pun sepakat dengan tema yang diusung. Selain menyehatkan, event tersebut juga dapat menjadi bagian kampanye pelestarian lingkungan.

“Bisa melipatgandakan tujuan. Selain kampanye lingkungan, juga kampanye pariwisata, mengenalkan keindahan Jabar kepada dunia,” ungkap Aher saat peluncuran WEM 2017 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (21/8/2017).

Aher menambahkan, WEM akan menjadi agenda rutin tahunan yang digelar Pemprov Jabar dan menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Pemprov Jabar.

Sementara itu, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jabar yang juga pihak penyelenggara Yudha M Saputra mengatakan, WEM perdana itu akan melintasi jalur Gunung Wayang Windu dan Gunung Tilu di kawasan Pangalengan, Kabupaten Bandung, di ketinggian antara 1.100-1.750 di atas permukaan laut (dpl). “Lokasi ini dikenal juga sebagai tempat berlatihnya atlet-atlet lari nasional," ujar Yudha.

Yudha menerangkan, WEM 2017 akan digelar 15 Oktober mendatang dengan melombakan empat kategori, yakni 5 km, 10 km, 21 km (half marathon) dan 42 km (full marathon) dan diikuti peserta dalam dan luar negeri. “Hingga kini, sudah ada 202 peserta yang mendaftar, dua di antaranya dari Amerika,” sebutnya.

Event marathon ini pun diharapkan menarik wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang dan berwisata ke Jabar yang dikenal memiliki pesona alam yang indah. “Masyarakat Bandung, khususnya di wilayah Kabupaten Bandung sangat antusias menyambut event ini,” katanya.

Untuk pendaftaran, tambah Yudha, sudah dimulai sejak 8 Agustus lalu dan akan ditutup 30 September mendatang. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di westjavamarathon.com atau di Kafe Centropunto, Jalan Trunojoyo Nomor 58, Kota Bandung.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.0031 seconds (0.1#10.140)