alexa snippet

Musim Haji di Indramayu, Ada Tradisi Gentong di Halaman Rumah

Musim Haji di Indramayu, Ada Tradisi Gentong di Halaman Rumah
Beragam tradisi dilakukan masyarakat atau keluarga jamaah calon haji. Seperti di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, keluarga jamaah calon haji menyediakan gentong berisi air di depan rumah Aridi dan Suniah yang tengah ke tanah suci.iNews TV/Tois kandar
A+ A-
INDRAMAYU - Beragam tradisi dilakukan masyarakat atau keluarga jamaah calon haji. Seperti di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, keluarga jamaah calon haji menyediakan gentong berisi air di depan rumah Aridi dan Suniah yang tengah ke tanah suci.

Sejak pasangan suami istri jamaah calon haji asal Desa Kedokan Bunder, berangkat haji, keluarga di rumah selalu mengisi air ke dalam gentong yang ditaruh di halaman depan rumah.

Gentong tersebut merupakan tradisi atau adat masyarakat Indramayu setiap kali keluarganya berangkat haji. Air di dalam gentong yang di peruntukan bagi warga yang melintas ini merupakan bentuk amalan keluarga di rumah yang ditujukan untuk sanak saudaranya yang tengah haji.

Air yang selalu terisi penuh ini, selalu habis pada siang atau sore hari. Pasalnya, mulai dari anak-anak hingga para orang tua menikmati air yang di yakini mampu memberikan barokah.

Tradisi gentong haji dijadikan sebagai tanda jika terdapat gentong di halaman rumah sang pemilik rumah tengah melakukan ibadah haji.

Sementara, bagi para warga yang melintas dan meminum air dalam gentong tersebut berharap mereka yang menunaikan haji berjalan lancar. "mudah-mudahan semua ibadah hajinya lancar dan menjadi haji mabrur," ujar Yadi, salah seorang warga yang meminum air tersebut.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top