Kekeringan, Ratusan Hektare Sawah Petani Indramayu Gagal Panen

Minggu, 20 Agustus 2017 - 06:17 WIB
Kekeringan, Ratusan Hektare Sawah Petani Indramayu Gagal Panen
Kekeringan, Ratusan Hektare Sawah Petani Indramayu Gagal Panen
A A A
INDRAMAYU - Beginilah kondisi area persawahan padi di Desa Bencirong, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Tanah di area padi yang berusia tiga bulan ini mengalami kekeringan parah dan retak-retak.

Bahkan, di beberapa titik, keretakan tanah yang disebabkan kurangnya pasokan air cukup parah hingga menganga dan merusak tanaman padi.

Kesulitan mendapatkan air untuk mengaliri sawah sudah dirasakan para petani sejak sebulan terakhir. Ketiadaan air yang menjadi sumber utama pertumbuhan padi mengakibatkan tanaman yang ditanam tiga bulan lalu tersebut tumbuh kerdil dan tak kunjung mengeluarkan bulir padi. Bahkan, banyak tanaman padi mati akibat musim kemarau panjang dan kurangnya pasokan air.

Para petani yang sudah mengeluarkan kocek besar untuk bisa memperbaiki kondisi sawahnya dipastikan merugi. Di kecamatan krangkeng sendiri seratusan lebih sawah padi yang ditanam pada akhir Mei terancam gagal panen akibat padinya tumbuh kerdil.

"Selain akibat tak adanya hujan faktor tanah juga sepertinya menjadi salah satu penyebab banyaknya sawah padi yang mati," ujar Dasuri, salah seorang petani.

kondisi kering tanpa air ini menjadi momok yang menakutkan bagi petani di musim kemarau. Para petani yang sejak awal menanam telah mengeluarkan banyak uang untuk mempertahankan pertumbuhan padinya, terpaksa gigit jari akibat padin mereka tumbuh tak sesuai umur. "Kita sangat berharap bantuan air dari pemerintah ke irigasi yang sejak sebulan terakhir mengering," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3892 seconds (0.1#10.140)