Hebat, Mahasiswa Amikom Yogyakarta Maju Final TCO di Amerika

Kamis, 17 Agustus 2017 - 07:00 WIB
Hebat, Mahasiswa Amikom Yogyakarta Maju Final TCO di Amerika
Hebat, Mahasiswa Amikom Yogyakarta Maju Final TCO di Amerika
A A A
YOGYAKARTA - Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta, berjaya dalam kompetisi desain top coder open (TCO) 2017 Regional Indonesia yang diselenggarakan di Royal Ambarukmo Yogyakarta 12-13 Agustus, kemarin. Zazulya Aziz, mahasiswa S1 Teknik Informatika, masuk dalam dua besar dan berhak mengikuti TCO desain finals di New York, Amerika Serikat.

TCO merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan Top Coder, situs komunitas terkemuka di bidang desain grafis, pengembangan aplikasi, dan pengolahan data. Dalam kompetisi ini dibagi dalam dua tahapan tingkat regional dan babak final yang akan dilaksanakan di Amerika.

“Tahun ini Aziz menjadi runner up dan akan ikut di final di New York. Ini bukan yang pertama, sebelumnya sudah ada alumni Amikom yang ikut dalam TCO final,” jelas Direktur Kehumasan dan Urusan Internasional, Universitas Amikom Yogyakarta, Erik Hadi Saputra.

Pada gelaran sebelumnya, Kharisma Cendhika Putra (Alumni Amikom angkatan 2007) sukses menjadi runner up di TCO 2016 Design finals di Washington DC, USA. Dalam kompetisi regional, dibagi menjadi satu kompetisi utama (TCO Design Challenge) dan 3 lomba tambahan (Rapid UX Challenge).

Dalam 3 kali Rapid UX Challenge di TCO2017 Regional Indonesia tersebut, Mahasiswa/Alumni Universitas Amikom Yogyakarta juga selalu menjadi juara 1 di tiap sesinya. Mereka adalah Maulana Reza Prasetya (Winner RUX-1), Zazulya Aziz (Winner RUX-2), dan M Afif Bimantara (Winner RUX-3).

“Zazulya Aziz akan masuk di final yang akan dilaksanakan di New York pada 21 sampai 24 Oktober mendatang,” terangnya.

Amikom, kata dia, yakin dalam ajang bergengsi kelas dunia nanti akan mampu bersaing dengan Negara lain. Selain memang fokus pada pendidikan di bidang informatika dan multimedia, banyak alumni yang siap mendukung. Bahkan banyak yang melatih mahasiswa yang akan maju dalam TCO regional hingga final.

“Kita sudah sangat siap, karena ini bukan pertama. Banyak alumni yang memberikan coaching kepada juniornya,” terangnya.

Dalam ajang TCO, Amikom selalu diperhitungkan oleh kampus lain. Apalagi sudah menjadi tradisi dan memilii trackrecord yang bagus dalam kompetisi.

Sementara itu, Zazulya, mengaku sangat senang dirinya masuk dalma final TCO di Amerika. Semua persiapan sudah dilakukan, baik secara mental maupun skill. Apalagi pelatihan dan workshop juga sudah diikuti untuk mengasah kemampuannya.

“Senang sekali, karena bisa mewakili di ajang internasional,” tuturnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5786 seconds (0.1#10.140)