Malam Tirakatan, Warga Potong Tumpeng Bendera Merah Putih

Rabu, 16 Agustus 2017 - 22:17 WIB
Malam Tirakatan, Warga Potong Tumpeng Bendera Merah Putih
Malam Tirakatan, Warga Potong Tumpeng Bendera Merah Putih
A A A
SEMARANG - Warga Semarang, Jawa Tengah memiliki tradisi malam tirakatan yang digelar setiap malam 17 Agustus untuk memeringati HUT Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia. Di tengah warga terdapat sebuah tumpeng yang dipasang bendera merah putih.

Tradisi malam tirakatan tak hanya diikuti oleh orang dewasa melainkan juga remaja dan anak-anak. Mereka berkumpul di suatu lokasi yang cukup luas dan mudah dijangkau oleh warga setempat.

Seperti malam tirakatan yang digelar warga RT 1/11 Keluarahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Semarang di balai RT setempat. Tumpeng yang dilengkapi ingkung ayam utuh itu kemudian dipotong oleh tokoh sesepuh dan diberikan kepada dua remaja putra-putri.

Sebelum pemotongan tumpeng, warga juga diajak mengenang jasa pahlawan, dan diingatkan akan pentingnya Pancasila sebagai ideologi bangsa. Apalagi, akhir-akhir ini marak aksi yang ingin mengganti dasar negara Pancasila.

"Pancasila ini adalah pemersatu bangsa. Jangan sampai ada pihak-pihak yang mencoba mengganti dasar negara. Ini (Pancasila) sudah terbukti kesaktiannya terutama saat upaya kudeta pada G30 S/PKI," ujar tokoh sesepuh, Kasman, Rabu (16/8/2017) malam.

Selain itu, generasi muda juga diharapkan bisa kemerdekaan dengan hal-hal positif. Sebab selain bahaya radikalisme, pengaruh buruk narkoba juga terus menggerogoti generasi bangsa.

"Tetaplah menjadi generasi penerus bangsa yang baik. Kalian lah pemegang kendali estafet bangsa, generasi muda mempunyai tanggung jawab untuk itu," kata Ketua RT 1/11 Agus.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7265 seconds (0.1#10.140)