IZI Sediakan Rumah Singgah di Bandung Bagi Pasien Kurang Mampu

Selasa, 15 Agustus 2017 - 16:08 WIB
IZI Sediakan Rumah Singgah di Bandung Bagi Pasien Kurang Mampu
IZI Sediakan Rumah Singgah di Bandung Bagi Pasien Kurang Mampu
A A A
BANDUNG - Lembaga pengelola zakat Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) membuka Rumah Singgah Pasien (RSP) di Jalan Jurang No 37, Kota Bandung, Selasa(15/8/2017). Peresmian rumah singgah bagi pasien tidak mampu ini dliakukan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Oded mengatakan, rumah singgah ini adalah sarana untuk menampung pasien-pasien rujukan dari luar kota, terutama bagi pasien BPJS yang tidak mampu. "Ini adalah program inisiatif yang luar biasa memberikan manfaat kepada masyarakat. Selain itu, dapat membantu pemerintah daerah juga," ungkap Oded.

Dia menyebutkan, RSP ini dikelola oleh para relawan IZI dengan kapasitas sementara sebanyak 10 tempat tidur. Dia menyebutkan, letaknya tidak jauh dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin Bandung. Dengan begitu, pasien memiliki akses yang mudah saat harus kembali menemui dokter di rumah sakit hari berikutnya.

"Ini bisa menjadi tempat sementara bagi mereka yang membutuhkannya. Semuanya gratis, pasien mendapatkan makan dan satu orang penunggu pasien," ungkapnya.

Direktur Pendayagunaan IZI Nana Sudiana menuturkan, RSP akan berfungsi murni sebatas rumah transit. Rumah itu tidak memberikan layanan kesehatan maupun jasa rawat bagi pasien. "Tujuannya agar tidak ada klaim kesehatan atau malpraktik. Makanya kami sediakan ambulans agar kalau ada apa-apa bisa segera kita larikan ke rumah sakit," jelas Nana.

Selain memiliki fasilitas ambulans, RSP juga memberikan makanan bagi pasien dan keluarga pengantarnya tiga kali sehari. Tak jarang, para relawan juga menghibur pasien dengan berbagai kegiatan, seperti memasak atau berjalan-jalan.

RSP di Bandung ini adalah satu dari enam RSP yang dimiliki oleh IZI. Kota-kota lainnya antara lain Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Makassar. Di kota-kota tersebut, telah banyak pasien yang menerima manfaat RSP yang didanai dari zakat.

"Pasien yang datang ke rumah singgah ini biasanya yang punya penyakit jangka panjang, seperti kanker, atau penyakit jantung, yang harus bolak-balik ke rumah sakit," terang Nana. Bahkan, ada pula pasien yang menjadi pengguna RSP selama satu tahun.

Sejauh ini RSP Bandung baru bekerja sama dengan RSUP Hasan Sadikin. Warga kurang mampu yang membutuhkan layanan ini bisa menghubungi Humas RSUP Hasan Sadikin, menelepon lembaga Inisiatif Zakat Indonesia, atau datang langsung ke Jalan Jurang No 37 Bandung.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7692 seconds (0.1#10.140)