alexa snippet

Daops VIII Gratiskan Perjalanan KA Lokal pada 17 Agustus

Daops VIII Gratiskan Perjalanan KA Lokal pada 17 Agustus
PT KAI Daerah Operasional (Daops) VIII Surabaya menggratiskan perjalanan kereta api (KA) lokal khusus pada Kamis 17 Agustus 2017.Foto/SINDOnews
A+ A-
SURABAYA - PT KAI Daerah Operasional (Daops) VIII Surabaya menggratiskan perjalanan kereta api (KA) lokal khusus pada Kamis 17 Agustus 2017. Program ini untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia.

"Warga di Jatim bisa memanfaatkan layanan ini. Kami akan menggratiskan rute lokal KA di berbagai jurusan," ujar Manager Humas PT KAI Daop VIII Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, Senin (14/8/2017).

Gatut Sutiyatmoko menuturkan, naik KA gratis itu memang dilakukan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap transportasi kereta api. Masyarakat bisa merasakan perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga dengan naik kereta api lokal atau kereta jarak pendek bersubsidi (PSO).

Makanya, bagi masyarakat yang ingin menikmati program ini,lanjutnya, mereka dapat melakukan pembelian tiket dengan tarif Rp0 secara langsung atau go show yakni 3 jam sebelum keberangkatan KA di loket stasiun keberangkatan kereta api. "Program promo kemerdekaan ini tidak berlaku untuk pemesanan H-7 sebelum keberangkatan kereta api," ungkapnya.

Meskipun gratis, katanya, masyarakat yang akan naik dengan program tersebut tetap diwajibkan bertiket. Calon penumpang juga harus memperhatikan kapasitas angkut penumpang setiap KA tetap mengacu pada aturan yang berlaku, yaitu KA ekonomi daya angkutnya 150% dari ketersediaan tempat duduk.

Dia juga menjelaskan, daftar nama kereta api lokal gratis yang akan dioperasikan pada 17 Agustus 2017, di antaranya KA ekonomi Dhoho relasi Surabaya – Jombang-Kertosono –Kediri Blitar PP. KA Penataran relasi Surabaya – Bangil - Malang – Blitar PP, KA ekonomi Tumapel relasi Surabaya – Malang P, KA Jenggala relasi Sidoarjo – Mojokerto PP.

Kemudian KA Ekonomi Lokal Sb-Kts Surabaya – Kertosono PP, KA Ekonomi Lokal Sidoarjo – Surabaya – Lamongan – Bojonegoro PP, KA Komuter Susi relasi Surabaya – Porong PP, dan KA Komuter Sulam relasi Surabaya Pasar Turi – Lamong.

Ganjar Ahadiyat, seorang warga mengatakan, adanya tiket gratis ini bisa menjadi alternatif liburan bagi keluarganya. Apalagi sejak lama dia sudah berencana mengenalkan anaknya yang masih berusia 4 tahun dengan KA.

"Memang sudah ada rencana sih kenalkan kereta api pada anak. Ini mumpung gratis bisa sekalian ke Malang untuk liburan," sambungnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top