alexa snippet

TNI AL Amankan 36 TKI Ilegal dan 1 WNA Pakistan

TNI AL Amankan 36 TKI Ilegal dan 1 WNA Pakistan
TNI AL mengamankan TKI ilegal masuk ke Indonesia dari Johor Malaysia di perairan Bintan. Foto/IST
A+ A-
TANJUNGPINANG - Kapal Perang KRI Cucut-866 mengamankan kapal pompong yang membawa 37 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal dari Johor Malaysia menuju Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) Minggu (13/8/2017). Tidak hanya mengamankan TKI, petugas juga menemukan seorang WNA asal Pakistan di dalam pompong.

Komandan KRI Cucut-866 Mayor Laut (P) Leonardus Deddy mengatakan, KRI Cucut-866 di bawah Kendali Gugus Keamanan Laut Barat (Guskamlabar) pukul 19.15 Wib membawa 37 orang TKI telah sandar di dermaga utara pelabuhan Batu Ampar Batam.

Selanjutnya, dilaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kesehatan Lanal Batam yang dipimpin oleh Letda Laut (K) dr Meta sesuai SOP TNI AL. Para TKI yang didominasi WNI asal Lombok, 33 orang berjenis kelamin laki-laki sedangkan 4 orang berjenis kelamin perempuan. 

Selain itu, dilaksanakan pula penyitaan seluruh alat komunikasi handphone milik para TKI untuk proses hukum lebih lanjut guna menyelidiki jaringan TKI ilegal tersebut oleh penyidik Lanal Batam.
 
"Para TKI berangkat dari Johor Malaysia tujuan Bintan. Saat diamankan para TKI mengalami sakit kepala dan mual yang diagnosa tim kesehatan Lanal Batam dikarenakan belum makan dan mabuk laut,” kata Deddy dalam pernyataan tertulis yang diterima, Senin (14/8/2017).

Sementara itu, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksma TNI R Eko Suyatno mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan oleh Tim penyidik Lanal Batam guna mengetahui jaringan TKI illegal tersebut. Kemudian, sebanyak  36 orang TKI tersebut akan diserahkan kepada BNP3TKI Batam. Sedangkan satu orang asal Pakistan akan diserahkan ke Imigrasi guna proses hukum.

 "Masih kita lakukan pemeriksaan untuk mengetahui jaringan TKI tersebut. Untuk proses lebih lanjutnya, para TKI kita serahkan kepada instansi terkait," kata Eko.

Penyerahan dari Komandan KRI Cucut-866 Deddy disaksikan oleh Asintel Guskamlabar, Aslog Guskamlabar, Asops Guskamlabar, Paban Ops Guskamlabar, Dandenponal Lanal Batam, Kaurlid Lanal Batam, Timkes BK Lanal Batam dipimpin Letda Laut (K) dr. Meta, serta anggota intel dan Pomal Lanal Batam. Selain itu dilaksanakan juga serah terima barbuk perahu kayu (Pompong) dan 37 TKI.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top