alexa snippet

Gunungkidul Siap Produksi Garam Premium Terbesar di DIY

Gunungkidul Siap Produksi Garam Premium Terbesar di DIY
Foto/Dok SINDOnews
A+ A-
GUNUNGKIDUL - Potensi laut selatan di Gunungkidul selain menjadi lokasi wisata juga mampu menghasilkan garam dengan kualitas premium. Bahkan, Kabupaten terluas di Provinsi DIY ini siap memproduksi garam dengan kualitas premium terbesar.

Bupati Gunungkidul Badingah mengungkapkan, saat ini pihaknya menyiapkan areal lahan di dua pantai, masing masing pantai Sepanjang di Kecamatan Tanjungsari dan Pantai Nguyahan di Kecamatan Saptosari. Di dua lokasi ini areal lahan seluas 4 hektare akan disiapkan untuk produksi garam beryodium dengan kualitas mutu yang tinggi.

"Kita diuntungkan dengan kadar yodium air laut yang bagus. Selain itu juga bersih sehingga mutu yang dihasilkan adalah mutu garam premium," terangnya Senin (14/8/2017).

Dijelaskannya, dengan harga garam yang saat ini meroket, menjadikan petani garam lebih diuntungkan. Dibandingan dengan pertanian tradisional di pinggir pantai, hasilnya jauh lebih menguntungkan untuk menjadi petani garam.

"Sudah ada hitung- hitungannya. Jadi jauh lebih menguntungkan," bebernya.

Kat dia, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pun secara langsung memberikan atensi terhadap rencana produksi garam premium yang besar tersebut.
“Akhir pekan lalu beliau sudah meninjau lokasi dan siap membantu baik pelatihan dan peralatan untuk mengolah air laut menjadi garam," ucap Badingah.

Anggaran yang disiapkan pun tidak sedikit. Pemprov DIY menyiapkan anggaran sebesar Rp1, 5 miliar.

Anggota Komisi B DPRD DIY dari dapil Gunungkidul‎ Suparjo mendukung upaya membangun kreativitas masyarakat guna meningkatkan ekonomi terus didorong DPRD. Pihaknya pun sepakat dan setuju dengan pengembangan produksi garam premium tersebut.
(rhs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top