Bupati Kubu Raya Ingatkan Agustus Bulan Vitamin A

Selasa, 04 Agustus 2020 - 22:16 WIB
loading...
Bupati Kubu Raya Ingatkan Agustus Bulan Vitamin A
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. Foto/InewsTv/ Faisal Abu
A A A
KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak masyarakat dan dinas terkait untuk memberi vitamin A kepada balita dan ibu nifas di bulan Agustus ini.

“Kapsul vitamin A bisa diperoleh di sarana fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, pustu, poskesdes/polindes, balai pengobatan, praktik dokter, bidan praktek swasta, atau posyandu secara gratis,” ujarnya.

Muda Mahendrawan menambahkan, selain lewat suplemen kapsul vitamin A, para orang tua juga wajib memberi anak-anak beragam makanan tinggi vitamin A seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, hati ayam, dan susu beserta semua turunannya.

“Sebab vitamin A tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar, kini kita telah memasuki bulan Agustus, saatnya membawa balita ke posyandu untuk mendapat pemberian vitamin A secara gratis. Ayo bawa balita ke posyandu,” ajaknya Muda.

Lebih jauh Muda mengatakan, vitamin A merupakan zat gizi penting bagi manusia, yakni untuk mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan.

Secara khusus vitamin A bermanfaat untuk anak karena baik bagi kesehatan mata, mencegah kebutaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi. Selain itu vitamin A dapat mencegah anemia pada ibu nifas.

“Kekurangan vitamin A meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare,” imbuhnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda menambahkan, selain manfaat besar untuk mencegah rabun dan kebutaan, vitamin A juga penting untuk kekebalan tubuh dan kesehatan sel-sel seperti rambut, kuku, dan kulit. (Baca juga: Terkam Warga, Buaya Sungai Kayu Besi Seberat 500 Kg Bakal Dipotong)

“Bagi yang tidak sempat datang ke posyandu, silakan datang ke bidan desa atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan vitamin A secara gratis,” tuturnya. (Baca juga: Positif 19 Orang, 1.150 Karyawan BUMD dan BUMN di Padang Jalani Tes Swab)

Untuk itu, Rosalina Muda pun mengajak kepada para orang tua, agar anak-anaknya mendapatkan kapsul vitamin A sebagai wujud tanggung jawab orang tua terhadap masa depan anak-anaknya kelak.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)