Perbaikan Jembatan Ambruk Butuh Anggaran Rp300 Juta

Selasa, 08 Agustus 2017 - 17:59 WIB
Perbaikan Jembatan Ambruk Butuh Anggaran Rp300 Juta
Perbaikan Jembatan Ambruk Butuh Anggaran Rp300 Juta
A A A
BANDUNG BARAT - Kepala Dinas PUPR KBB Anugrah mengatakan, berdasarkan kajian teknis jembatan yang ambruk di Kampung Ciraja, RT 03/12, Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), harus dilakukan pembangunan ulang. Dia memprediksi anggaran perbaikan akan menghabiskan sekitar Rp300 juta dan itu baru akan dianggarkan di APBD perubahan.

"Nanti kami akan anggarkan di APBD perubahan dengan anggaran Rp300 juta. Untuk itu proses lelangnya akan kami persiapkan agar bisa cepat dilakukan," ucapnya, Selasa (8/8/2017).

Dia mengaku tidak bisa memaksakan percepatan pembangunan karena memang dananya tidak ada. Untuk itu sambil menunggu proses perbaikan pihaknya menyarankan agar dibuatkan jembatan penyebrangan sementara agar aktivitas warga bisa berjalan seperti sebelumnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah KBB Dicky Maulana mengungkapkan, ambruknya jembatan tersebut tidak masuk kepada klasifikasi bencana, tapi masuk pada kategori kelalaian karena sebelumnya sudah ada tanda retak-retak. Untuk itu proses penanganannya tidak bisa dilakukan menggunakan dana tidak terduga dari pos kebencanaan.

"Kalau ambruk atau robohnya karena banjir atau air bah maka itu bisa masuk klasifikasi bencana. Tapi kalau ini kan tidak, karena itu termasuk kepada kelalaian," jelasnya.

Apalagi, lanjut dia, seminggu sebelumnya ketika muncul retakan warga sudah memasang rambu peringatan jika truk besar dilarang melintas. Tapi pada saat kejadian ternyata ada truk yang memaksakan untuk melintas sehingga terjadilah peristiwa tersebut. "Petugas dari PUPR sudah turun ke lokasi dan anggaran perbaikannya akan dialokasikan di perubahan nanti," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7847 seconds (0.1#10.140)