Rawa Pening Disiapkan Jadi Tujuan Wisata Kelas Dunia

Sabtu, 05 Agustus 2017 - 15:52 WIB
Rawa Pening Disiapkan Jadi Tujuan Wisata Kelas Dunia
Rawa Pening Disiapkan Jadi Tujuan Wisata Kelas Dunia
A A A
SEMARANG - Rawa Pening di Kabupaten Jawa Tengah diproyeksikan menjadi tujuan wisata tingkat dunia karena memiliki beragam potensi yang bisa dikembangkan. Danau seluas 2.700 hektare (ha) itu memiliki panorama alam sangat indah karena dikelilingi tiga gunung di antaranya Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Ungaran.

Namun, danau yang dikenal dengan legenda "Baru Klinting" itu menyimpan kendala besar, yaitu eceng gondok dan sedimentasi. Hampir 70% danau tertutup eceng gondok meskipun upaya pembersihan telah berulang kali dilakukan hingga menelan biaya puluhan miliar rupiah.

“Sudah puluhan miliar rupiah (biaya penanganan eceng gondok). Yang perlu diketahui Rawa Pening ini dibagi-bagi, dia antaranya milik provinsi dan milik pemkab itu berada di paling pinggir,” ujar Bupati Semarang, Mundjirin, di Bukit Cinta Brawijaya, Kawasan Wisata Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Sabtu (5/8/2017).

Untuk itu, dia mendukung upaya pengembangan Rawa Pening sebagai destinasi wisata tingkat dunia. Menurutnya perlu langkah bersama dari sejumlah instansi pemerintah maupun swasta untuk menyelesaikan permasalahan yang membelit Rawa Pening. Apalagi danau itu mengalami pendangkalan sangat parah dari kedalaman 15 meter, kini hanya sekitar lima meter.

“Sudah ada delapan doktor berkat mengambil penelitian tentang Rawa Pening. Tapi permasalahan belum selesai. Bahkan sudah banyak menteri dan anggota DPR yang juga datang ke sini. Memang dibutuhkan langkah bersama. Termasuk masyarakat diimbau tidak membuang sampah ke sungai karena Rawa Pening ini menjadi hulu dari sembilan sungai,” paparnya.

Permasalahan Rawa Pening itu pun mengundang keprihatinan banyak kalangan untuk turut mencari solusi. Seperti yang dilakukan Sido Muncul, yang keberadaan pabriknya dekat dengan Rawa Pening. Perusahaan ini menjadikan eceng gondok sebagai bahan bakar briket.

“Upaya mengubah eceng gondok sebagai bahan bakar ini sudah dilakukan sejak setahun lalu. Selain itu, salah satu produk kami dalam promosinya meluncurkan iklan dengan mengangkat potensi wisata Rawa Pening menjadi tujuan wisata kelas dunia,” ujar Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat.

Dia mengatakan, Rawa Pening memiliki lokasi strategis karena terletak di perlintasan Kota Semarang, Salatiga, Solo, dan Yogyakarta. Dengan menjadi tujuan wisata tingkat dunia, maka perekonomian masyarakat di sekitarnya akan terangkat. Otomatis, Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga bertambah.

“Diharapkan bisa menjadi solusi agar masyarakat ikut bergotong royong menjaga dan membersihkan danau-danau di Indonesia seperti halnya Rawa Pening agar terbebas dari eceng gondok. Sehingga, nantinya danau-danau itu bisa menjadi destinasi wisata baru, bahkan lokasi wisata tingkat dunia,” paparnya.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3137 seconds (0.1#10.140)