Gempa Tektonik 5,9 SR di Mindanao Filipina Dirasakan hingga ke Sulut

Sabtu, 05 Agustus 2017 - 11:10 WIB
Gempa Tektonik 5,9 SR di Mindanao Filipina Dirasakan hingga ke Sulut
Gempa Tektonik 5,9 SR di Mindanao Filipina Dirasakan hingga ke Sulut
A A A
MANADO - Gempa tektonik 5,9 Skala Richter (SR) yang mengguncang Mindanao Filipina, Sabtu (5/8/2017) pukul 07.30.42 WIB, dirasakan hingga Kepulauan Sangihe-Talaud, Sulawesi Utara. Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 5,9 SR, dimana episentrumnya terletak pada koordinat 6,13 LU dan 125,46 BT, tepatnya di laut pada jarak 279 km arah utara Kota Tahuna pada kedalaman 70 km.

“Dampak gempabumi yang didasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa gempa berpotensi dirasakan di Melanguane, Naha, Tahuna, Karakelong, Beo, Kabaruang, dan Urung pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI,”jelasnya, Sabtu (5/8/2017).

Sementara di Kota Bitung gempa dirasakan pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI.
“Namun hingga saat ini belum ada laporan terjadinya kerusakan,” ujarnya.

Dikatakan, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Filipina yang bergerak ke arah barat nenunjam ke lempeng Eurasia. Mekanisme sumber menunjukkan gempa ini memiliki mekanisme pergerakan mendatar dan naik (oblique thrust).

Menurut Riyadi, hingga pukul 08.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kepulauan Sangihe dan Talaud diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4321 seconds (0.1#10.140)