Basmi Kutu yang Menyerang Beras, Bulog Lakukan Fumigasi

Jum'at, 28 Juli 2017 - 10:51 WIB
Basmi Kutu yang Menyerang Beras, Bulog Lakukan Fumigasi
Basmi Kutu yang Menyerang Beras, Bulog Lakukan Fumigasi
A A A
BANJARNEGARA - Membasmi kutu pada beras sejahtera atau rastra, pengelola gudang Bulog di Banjarnegara, Jawa Tengah, melakukan fumigasi atau pengasapan. Beras dijamin aman dikonsumsi.

Dalam ruangan kedap udara, sejumlah obat kimia diletakkan di area bawah tumpukan beras. Obat akan menyublim dan membunuh kutu yang biasanya menyerang beras yang disimpan lebih dari tiga bulan.

Fumigasi ini dilakukan rutin oleh Bulog untuk mengendalikan hama kutu yang menyerang. Meski obat yang digunakan berbahaya, petugas Bulog menjamin beras tetap aman dikonsumsi karena berada di ambang batas normal untuk manusia.

"Fumigasi ini aman untuk manusia, jadi tidak berbahaya. Ini hanya upaya kita untuk menekan hama kutu yang biasanya menyerang beras dan kantong yang ada dalam gudang penyimpanan," jelas Sofyan, petugas gudang Bulog Banjarnegara, Jumat (28/7/2017).

Menurutnya, upaya menjaga mutu beras raskin atau beras sejahtera ini terus dilakukan agar masyarakat bisa mengonsumsi beras yang layak meski dengan harga yang murah.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 6.1072 seconds (0.1#10.140)