Kanwil Kemenkumham Jatim Berencana Buka Layanan Imigrasi di Magetan

Selasa, 04 Agustus 2020 - 14:39 WIB
loading...
Kanwil Kemenkumham Jatim Berencana Buka Layanan Imigrasi di Magetan
ilustrasi
A A A
MAGETAN - Kanwil Kemenkumham Jawa Timur (Jatim) saat ini membentuk tim guna mengkaji kelayakan pembukaan kantor layanan keimigrasian di Kabupaten Magetan. Keberadaan layanan imigrasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan perekonomian daerah yang berada di kaki gunung Lawu tersebut.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono menyatakan, Pemkab Magetan sebelumnya mengusulkan agar di kabupaten tersebut didirikan kantor layanan keimigrasian. Terkait usulan tersebut, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin bisa memenuhi.

“Rencana terdekat adalah membentuk tim kajian. Nanti tim akan menilai, apakah layak atau tidak, ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan,” katanya, Selasa (4/8/2020).

(Baca juga: 1 Hakim PN Sidoarjo Positif Corona, 10 Lainnya Harus Isolasi Mandiri )

Dia mengungkapkan, sudah ada pertemuan antara Kanwil Kemenkumham Jatim dengan Pemkab Magetan. Pertemuan digelar di Kantor Kanwil Kemenkumham Jatim Jalan Kayoon Surabaya pada Senin (3/8/2020).

Pendirian kantor layanan imigrasi yang baru ini diharapkan berdampak terhadap naiknya ekonomi di daerah tersebut (Magetan). Namun, sebelum benar-benar diputuskan, harus ada kajian dan MoU yang pasti,” tandas Krismono.

(Baca juga: Anggota dan Pegawai DPRD Gresik di-Rapid Test, Ada yang Reaktif )

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto saat pertemuan tersebut menyatakan, pihaknya ingin membuka layanan keimigrasian di Magetan karena antusiasme masyarakat yang semakin tinggi. Magetan menjadi salah satu daerah dengan jumlah tenaga migran terbanyak. “Selain itu kami punya Pondok Pesantren Temboro dengan santri internasional,” ujarnya.

Jika ada layanan imigrasi di Magetan, imbuhnya, masyarakat Magetan bisa membuat paspor di dekat dari rumah. Selama ini, masyarakat Magetan harus ke Madiun atau Ponorogo yang membutuhkan sekitar dua jam perjalanan darat. “Untuk pembukaan layanan imigrasi, kami siap menyediakan lahan dan bangunan untuk operasional,” kata Suprawoto.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)