Akibat Meremehkan Sholat Fardhu 5 Waktu

Rabu, 11 Oktober 2023 - 21:03 WIB
loading...
Akibat Meremehkan Sholat Fardhu 5 Waktu
Sholat fardhu berjamaah di masjid lebih utama daripada sholat sendirian di rumah. Foto/ist
A A A
Pangkal dari semua perkara adalah Islam dan tiangnya adalah sholat, dan puncaknya adalah jihad fii sabilillah (berjihad di jalan Allah). Demikian sabda Nabi sebagaimana diriwayatkan Imam At-Tirmidzi.

Imam Hasan Al-Bashri (wafat 110 H/728 M) pernah berkata: "Duhai manusia! Ibadah apa lagi yang masih engkau hargai dalam agamamu, apabila sholat saja sudah engkau anggap remeh." (Mausu'ah Ibnu Abi ad Dunya (1/341)

Akibat Meremehkan Sholat
Barangsiapa terbiasa menunda sholat, maka ia akan tertunda dari banyak mendapatkan kebaikan dan keberkahan. Karena hakikatnya sholat adalah simpul dari semua kebaikan. Ketika seseorang memperbaiki sholatnya, maka ia sedang memperbaiki kehidupannya.

Penghuni Neraka Saqar
Salah satu ancaman serius bagi yang meremehkan dan meninggalkan sholat yaitu dimasukkan ke dalam neraka Saqar. Allah Ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an:

مَا سَلَكَكُمْ فِيْ سَقَرَ ، قَالُوْا لَمْ نَكُ مِنَ المُصَلِّينَ

Artinya: "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat." (QS. Al-Mudatsir Ayat 42-43)

Dalam satu Hadis disebutkan bahwa Nabi ﷺ bersabda:

بَيْن الرَّجل وَبَيْن الشِّرْكِ وَالكُفر ترْكُ الصَّلاةِ

Artinya: "Pembatas bagi antara seseorang dengan syirik dan kufur adalah meninggalkan sholat." (HR Muslim)

Dalam Hadis lain yang sangat masyhur, Rasulullah ﷺ bersabda: "Amalan pertama yang akan dihisab dari seorang hamba di hari Kiamat adalah sholatnya. Jika sholatnya baik, maka ia beruntung dan selamat. Jika sholatnya rusak, maka ia akan merugi dan binasa. Jika ada sholat fardhunya yang kurang, maka Allah akan berkata: 'lihatlah apakah hamba-Ku ini memiliki amalan sholat sunnah?' Kemudian disempurnakanlah yang kurang dari shalat fardhunya. Dan ini berlaku pada seluruh amalan lainnya." (HR At-Tirmidzi)

Itulah akibat meremehkan sholat fardhu. Selain diancam dengan neraka Saqar, orang yang meremehkan sholat akan tertunda dalam meraih kebaikan. Semoga Allah memberi kita taufik-Nya. Aaamin.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3241 seconds (0.1#10.140)