Cari Dukungan, Ridwan Kamil Terus Dekati Demokrat dan PKB

Senin, 24 Juli 2017 - 13:32 WIB
Cari Dukungan, Ridwan Kamil Terus Dekati Demokrat dan PKB
Cari Dukungan, Ridwan Kamil Terus Dekati Demokrat dan PKB
A A A
BANDUNG - Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku terus berkomuniakasi dengan Partai Demokrat dan PKB untuk mencari dukungan dalam menghadapi pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018, mendatang.

Menurut dia, komunikasi politik tersebut sudah dilakukan sangat intens untuk memenuhi 20 kursi sebagai syarat pengusungan koalisi partai untuj maju pilgub.

"Mudah-mudahan kedua partai ini memperkuat untuk memenuhi 20 kursi. Sedangkan untuk PPP insya Allah, kalau tidak ada perubahan juga akan ikut mendukung," kata dia di Balaikota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin(24/7/2017).

Dikatakan, keputusan tersebut diharapkan menjadi kenyataan. Karena, komunikasi dengan partai ini sangat intens. "Tapi, saya tetap membuka komunikasi dengan partai lain seperti PKS dan Gerindra. Namun, keputusannya bukan ada di saya ada di pusat," ungkap dia.

Perlu diketahui, dalam pelaksanaan Pilgub Jabar 2018 hanya PDIP yang bisa mengusung pasangan calon karena memenuhi syarat 20 kursi di parlemen. Sementara, partai politik lain harus berkoalisi untuk memunihi syarat utama 20 kursi.

Saat ini, baru Ridwan Kamil yang mendapat dukungan dari NasDem dengan 5 kursi. Kekurangan ini diwajibkan bagi Emil mencari partai pendukung lain agar syarat 20 kursi terpenuhi.

Jika NasDem berkoalisi dengan PKB dan Demokrat maka Ridwan Kamil akan mulus menuju panggung Jabar 1 dalam pelaksanaan Pilgub Jabar mendatang.

Sebab, NasDem dengan 5 kursi, Demokrat 12 kursi, dan PKB 7 kursi akan memenuhi kebutuhan syarat utama 20 kursi. Koalisi partai ini akan mengumpulkan 24 kursi.

Berikut komposisi jumlah kursi di DPRD Provinsi Jawa Barat:

1. PDIP : 20 Anggota/kursi
2. GOLKAR : 17 Anggota/kursi
3. PKS : 12 Anggota/kursi
4. Demokrat : 12 Anggota/kursi
5. Gerindra : 11 Anggota/kursi
6. PPP : 9 Anggota/kursi
7. PKB : 7 Anggota/kursi
8. NasDem : 5 Anggota/kursi
9. PAN : 4 Anggota/kursi
10.HANURA : 3 Anggota/kursi
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5433 seconds (0.1#10.140)