15 Kabupaten/Kota di Jabar Masuk Ketegori Layak Anak‬

Minggu, 23 Juli 2017 - 15:16 WIB
15 Kabupaten/Kota di Jabar Masuk Ketegori Layak Anak‬
15 Kabupaten/Kota di Jabar Masuk Ketegori Layak Anak‬
A A A
BANDUNG - Sebanyak 15 kabupaten/kota di Jawa Barat (Jabar) berhasil mewujudkan kawasan layak anak berdasarkan penilaian yang dilakukan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Penilaian mengacu pada 24 indikator kinerja kota layak anak, yang diurai pada 135 variabel.‬ Ke-15 kabupaten/kota tersebut, yakni Kota Depok dan Kabupaten Bogor untuk Kategori Kabupaten/Kota Layak Anak Nindya serta Kota Bandung dan Kota Bekasi untuk kategori Kabupaten/Kota Layak Anak Madya.

Sementara untuk kategori Kabupaten/Kota Layak Anak Pratama, yakni Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kota Banjar, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kabupaten Kuningan, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat untuk kategori Pratama.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pun menganugerahkan penghargaan kepada 15 kabupaten/kota di Jabar tersebut. Penghargaan diberikan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise di SKA Co Ex, Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (22/7/2017) malam.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada Provinsi Jabar untuk kategori pengembangan forum anak terbaik untuk wilayah barat serta provinsi penggerak kabupaten/kota layak anak.

Adapun penganugerahaan pada kategori akta kelahiran anak pratama diberikan kepada kabupaten/kota yang menggalakan pembuatan akta kelahiran di wilayah kerjanya. Di Jabar, penghargaan ini diraih Kabupaten Bandung dan Kabupaten Karawang.‬

‪Tak sampai di situ, kategori Sekolah Layak Anak Terbaik pun berhasil diraih SMA Negeri 15 Bandung. Lalu, kategori Tunas Muda Indonesia berhasil diraih perwakilan dari Kota Depok Fayanna Ailisha Davianny untuk kategori Sekolah Dasar (SD) serta perwakilan dari Kota Sukabumi Lisan Shidqi Zul Fahmi untuk kategori Sekolah Menengah Pertama (SMP).‬

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengapresiasi kabupaten/kota serta pihak-pihak yang berhasil mengharumkan nama Jabar lewat anugerah yang diberikan dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 ini.‬

‪Aher, sapaan akrab Heryawan menegaskan, tengah merancang program Sekolah Ramah Anak yang akan dinamai Sekolah Rumah Kedua. Apabila program ini berhasil diterapkan di tingkat SMA/SMK/MA, ke depan, program ini akan diterapkan di segala jenjang pendidikan di seluruh sekolah di Jabar.

‪”Alhamdulillah kabupaten/kota yang masuk kategori Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) itu berjumlah 15 dari 27 kabupaten/kota yang ada di Jabar. Sementara tahun lalu hanya enam kabupaten/kota,” tutur Aher seusai menerima penghargaan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9761 seconds (0.1#10.140)