Manny Pacquiao: Di Kelas Mana Dia Raih Kesuksesan Terbesarnya?

Selasa, 10 Oktober 2023 - 12:18 WIB
loading...
Manny Pacquiao: Di Kelas Mana Dia Raih Kesuksesan Terbesarnya?
Manny Pacquiao: Di Kelas Mana Dia Raih Kesuksesan Terbesarnya?/USA Today
A A A
Manny Pacquiao : Di Kelas Mana Dia Raih Kesuksesan Terbesarnya? Manny Pacquiao telah bertarung di 11 dari 17 kelas dalam 26 tahun karier profesionalnya. Dia telah memenangkan gelar juara dunia di delapan di antaranya, sebuah rekor sepanjang masa yang membuatnya menjadi legenda.

Sang dinamo Filipina ini memiliki rekor kemenangan di semua 11 kelas, dari 108 hingga 154 pound, meskipun ia hanya bertarung satu kali di tiga kelas. Pacquiao (62-7-2, 39 KO) telah bertarung lebih banyak di divisinya saat ini - kelas welter - dibandingkan divisi lainnya, dengan berat badan 147 kg dalam 17 dari 71 pertarungannya. Ia akan menghadapi pemegang gelar Yordenis Ugas di kelas welter pada hari Sabtu di Las Vegas (bayar per tayang). Namun, di kelas manakah ia meraih kesuksesan terbesarnya?

Boxing Junkie melakukan penelitian untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dalam artikel spesial ini, kami mengurutkan kesuksesan Pacquiao berdasarkan kelas berat badan. Kami mulai dari peringkat 11 dan terus naik hingga ke divisi yang kami yakini menjadi tempat ia meraih kesuksesan terbesarnya.



Catatan: Boxingjunkie menggunakan berat badan Pacquiao untuk menentukan divisi dalam setiap pertarungannya, dengan satu pengecualian: Berat badannya berada di bawah batas kelas welter saat ia bertarung melawan Antonio Margarito untuk memperebutkan gelar juara kelas 154 pound. Itu dianggap sebagai pertarungan kelas menengah junior.
Selain itu, ia juga memenangkan gelar badan tinju di enam divisi, dan sabuk Ring Magazine di dua divisi lainnya. Lihatlah.

11. KELAS BANTAM (53,5 kg)
Rekor: 2-0 (2 KO)
Tahun 1996-99
Gelar Juara Tidak ada
Kemenangan signifikan: Tidak ada
Kekalahan / hasil imbang: Tidak ada
Latar belakang: Pacquiao dengan cepat melewati divisi kelas bantam, dengan hanya bertarung melawan dua petinju yang merupakan petinju perjalanan - Bert Batiller dan Todd Makelim - dengan jarak tiga tahun. Perhentian berikutnya adalah kelas bulu junior, di mana dia akan menetap untuk sementara waktu.
Terkenal: Pertarungan Pacquiao melawan Batiller adalah satu-satunya pertarungan dalam karirnya yang berlangsung di kota kelahirannya, General Santos City.

10. Kelas Terbang Junior (48,9 kilogram)
Rekor 5-0 (1 KO)
Tahun 1995
Gelar Juara Tidak ada
Kemenangan signifikan: Tidak ada
Kekalahan / hasil imbang: Tidak ada
Latar belakang: Pacquiao menjadi atlet profesional saat berusia 16 tahun pada tahun 1995, melakukan debutnya di kelas terbang junior - dengan berat badan 106 - melawan sesama petinju Filipina, Edmund Enting Ignacio, di Sablayan, Filipina. Ia menang melalui keputusan juri dalam empat ronde. Ia kemudian bertarung empat kali lagi di divisi tersebut, semuanya pada tahun 1995. Ia mencatatkan rekor 10-0 (4 KO) di berbagai divisi dalam empat, enam dan delapan ronde pada tahun itu. Karier profesionalnya terus melesat.
Terkenal: Pacquiao bergerak cepat; dia bertarung dalam delapan ronde pertama yang dijadwalkan dalam pertarungan keenamnya.

9. BANTAM JUNIOR (52,1 kilogram)
Rekor: 8-0 (6 KO)
Tahun 1996-99
Gelar Juara Tidak ada
Kemenangan signifikan: Tidak ada
Kekalahan / hasil imbang: Tidak ada
Latar belakang: Pacquiao bertarung delapan kali sebagai petinju kelas bantam junior, namun tidak pernah menghadapi lawan-lawan yang terkenal dan tidak pernah bertarung untuk memperebutkan gelar. Satu hal yang menonjol adalah enam kemenangan KO dalam delapan pertarungan. Dia tidak hanya sangat cepat dan atletis; dia juga dikenal sebagai pemukul yang mematikan, yang meningkatkan popularitasnya di tingkat lokal.
Terkenal: Ia bertarung melawan Shin Terao di Tokyo di kelas bantam junior, yang merupakan pertarungan pertamanya di luar Filipina.

8. KELAS TERBANG (50,8 kilogram)
Rekor: 11-2 (8 KO)
Tahun 1995-99
Gelar: WBC (1998-99)
Kemenangan-kemenangan penting: Chatchai Sasakul
Kekalahan / hasil imbang: Rustico Torrecampo (L), Boonsai Sangurat (L)
Latar belakang: Pacquiao akan mengalami kemunduran pertamanya dan memenangkan gelar juara dunia pertamanya di kelas 112 pound. Remaja ini telah menarik perhatian banyak orang karena kemampuannya yang serba bisa di dunia tinju Filipina saat ia dihentikan pada tahun 1996 oleh petinju pelancong Rustico Torrecampo, yang diizinkan mengenakan sarung tangan enam ons (Pacquaio memakai sarung tangan delapan ons) karena lawannya yang tak terkalahkan itu datang dengan berat badan di atas ketentuan yang telah disepakati.

Sang pecundang bangkit kembali untuk memenangkan 12 pertarungan beruntun dan meraih kesempatan untuk merebut gelar juara dunia kelas bulu 112 pon milik Chatchai Sasakul dari Thailand pada bulan Desember 1998, saat ia masih berusia 19 tahun. Ia menang melalui KO pada ronde kedelapan untuk menjadi juara dunia, namun kehilangan gelarnya sembilan bulan kemudian saat menghadapi Boonsai Sangurat, yang mencetak KO atas atlet yang sudah kehabisan tenaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)