alexa snippet

Pemilik Kapal Disarankan Iuran Beli Kapal Pemadam Kebakaran

Pemilik Kapal Disarankan Iuran Beli Kapal Pemadam Kebakaran
Kebakaran hebat yang menghanguskan 12 kapal nelayan di kawasan Pulau Seprapat, Juwana, Pati, Jawa Tengah, menimbulkan kerugian materiil besar.Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
PATI - Kebakaran hebat yang menghanguskan 12 kapal nelayan di kawasan Pulau Seprapat, Juwana, Pati, Jawa Tengah, menimbulkan kerugian materiil paling banyak dibanding musibah sebelumnya. Apalagi, saat kejadian armada pemadam tidak bisa menjangkau lokasi karena akses jalan terlalu sempit.

"Pada anggaran perubahan ini (APBD Perubahan 2017) pemda akan beli kapal pemadam, berapa itu nanti nilainya. Sementara satu unit dulu, karena perubahan anggaran ini tidak ada aaggarannya," kata Bupati Pati Haryanto, ketika berbincang dengan Okezone, Selasa (18/7/2017).

Selain itu, Pemkab Pati juga mengimbau para pemilik kapal secara berswadaya membeli kapal pemadam kebakaran. Kapal pemadam kebakaran dinilai perlu untuk menjangkau daerah yang tak bisa diakses melalui jalur darat. Hal itu sekaligus sebagai antisipasi kejadian di Pulau Seprapat tidak terulang kembali.

"Kami juga memotivasi pemilik kapal untuk swadaya membeli kapal pemadam. Kerugian kapal terbakar itu satunya mencapai Rp7-8 miliar. Dengan kerugian sebesar itu maka kalau disuruh iuran ya harus mau, karena manafaatnya juga besar," ujarnya.

Menurut Haryanto, dengan mendorong pengusaha kapal memiliki kapal pemadam sendiri maka mereka juga akan turut merawatnya. Jadi saat kapal pemadam itu dibutuhkan akan bisa langsung dioperasikan ke lokasi kebakaran.

"Kami motivasi pemilik kapal untuk sama-sama mempunyai hak dan kewajiban, rasa memiliki, handarbeni. Jadi tidak hanya menyalahkan pemerintah jika ada kejadian kebakaran," tukasnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top