alexa snippet

Gempa 3,7 SR Guncang Kabupaten Bandung

Gempa 3,7 SR Guncang Kabupaten Bandung
Gempa berkekuatan 3,7 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Bandung, Selasa (18/7/2017), sekitar pukul 12.58 WIB.Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
BANDUNG - Gempa berkekuatan 3,7 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Bandung, Selasa (18/7/2017), sekitar pukul 12.58 WIB. Meski relatif kecil, getaran gempa terasa sampai pusat Kota Bandung.

Para pengunjung sidang Buni Yani di Gedung Perpustakaan san Arsip Kota Bandung, Jalan Seram, Kota Bandung merasakan getaran gempa dalam durasi kurang dari 3 detik. "Saya merasakan gempa saat akan masuk gedung ini tadi. Terasa goyang-goyang," kata Asep, seorang pengunjung sidang.

Terkait gempa tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung memberikan penjelasan pusat gempa bumi berada di darat. Daerah terdekat umumnya tersusun oleh batuan sedimen dan batuan gunungapi yang berumur Tersier hingga Kuarter, serta endapan alluvium berumur Resen.

Gempa berpusat pada koordinat 7,22 lintang selatan (LS) dan 107,80 bujur timur (BT) berjarak 21 kilometer sebelah tenggara Kabupaten Bandung, dengan kedalaman 10 kilometer. Berdasarkan posisi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi berasosiasi dengan aktivitas sesar aktif di lokasi tersebut. Gempa terasa sebesar III MMI di pos pengamatan Gunung Guntur dan sebesar II MMI di Kota Bandung.



(wib)
loading gif
Top