alexa snippet

Prestasi Siswa Sumut di Olimpiade Sains Meningkat

Prestasi Siswa Sumut di Olimpiade Sains Meningkat
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
MEDAN - Prestasi siswa-siswi asal Sumatera Utara (Sumut) dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Riau pada (2-8 Juli) lalu patut meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Tahun ini Sumut meraih rangking 8 pada ajang OSN. Prestasi ini meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya dalam ajang yang sama, Sumut hanya meraih rangking 10,” ujar Kabid Pendidikan Menengah Disdik Sumut, Hamidah Pasaribu, Senin (17/9/2017).

Prestasi ini membuat posisi Sumut langsung di bawah provinsi Jawa Barat yang berada pada rangking 7. “Untuk posisi pertama memang masih DKI Jakarta, namun untuk tahun ini kita sangat bersyukur karena prestasi kita naik. Sementara provinsi lainnya yang tahun lalu berada di posisi 5 besar seperti Jawa Barat untuk tahun ini hanya mendapat rangking 7,” terang Hamidah.

Tak hanya itu, untuk tahun ini kata Hamidah siswa yang berprestasi di OSN 2017 meraih satu medali emas untuk mata pelajaran astronomi, yang diraih oleh Ian Sebastian dari SMA Sutomo 1 Medan. Selanjutnya, Sumut meraih empat medali perak dan delapan medali perunggu. “Ada sebanyak 13 siswa Sumut yang berprestasi di OSN tahun ini,” terangnya.

Untuk OSN tahun 2018 mendatang, Hamidah mengatakan kalau Disdik Sumut akan terus meningkatkan prestasi siswa siswi di Sumut. Pihak Disdik Sumut akan terus bekerjasama dengan para Kepala Sekolah (Kepsek) dan guru untuk menggelar pelatihan kepada siswa serta menggelar kegiatan ekstrakurikuler tambahan.

“Target kita pada OSN tahun depan Sumut dapat meraih rangking 5 besar,” terang Hamidah.

Pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Medan, Syaiful Sagala mengapresiasi prestasi yang diraih siswa Sumut pada ajang OSN 2017. Menurut dia, prestasi siswa ini harus lebih ditingkatkan untuk tahun selanjutnya dengan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sumut.



(rhs)
loading gif
Top