alexa snippet

Pilkada Sumsel 2018

Pengamat Nilai Syahrial Oesman Bakal Diusung NasDem

Pengamat Nilai Syahrial Oesman Bakal Diusung NasDem
Partai NasDem Sumsel diyakini bakal mengusung kadernya Syahrial Oesman dalam Pilkada Sumsel pada 2018 mendatang. Foto Syahrial Oesman/Ist
A+ A-
PALEMBANG - Hiruk pikuk Pilkada Sumsel 2018 telah masuk ke babak baru yakni penjaringan bakal calon oleh partai politik. Tampak benar bahwa para bakal calon lebih tertarik mendaftar dan mau diusung parpol ketimbang menggunakan jalur perseorangan. Hal ini terlihat dari ramainya proses pendaftaran para cagub dan cawagub yang diberitakan media tak terkecuali yang mendaftar ke Partai NasDem.

Partai NasDem Sumsel sendiri memiliki lima kursi di DPRD Sumsel, dengan demikian harus berkoalisi bersama partai politik lain agar mammpi memenuhi kuota ambang batas pencalonan. Beberapa nama yang sudah mendaftar adalah Edy Santana Putra, Ishak Mekky, Aswari Riva'i, Sarjan Taher, Susno Duadji, Herman Deru, Iskandar Sahil dan tentu saja ketua Partai NasDem Sumsel sendiri yakni Syahrial Oesman.

Mencermati nama-nama yang mendaftar ke Partai NasDem Sumsel tersebut, pengamat politik Octarina Soebardjo mengatakan kemungkinan besar NasDem akan mengusung kadernya sendiri.

"Ini tentu jika Syahrial mampu membangun komunikasi politik dengan calon lain khususnya calon yang merangkap ketua parpol," katanya.

Octarina menjelaskan, pada biasanya Partai NasDem memang akan mendukung calon yang punya elektabilitas tinggi atau yang akan menang. Namun kader partai jelas akan menjadi prioritasnya.

"Lagi-lagi ini jika kadernya sendiri cukup punya daya saing dan peluang menang. Pasti aneh, jika Nasdem mendukung figur lain sementara ketua tingkat provinsinya sendiri ditinggalkan padahal punya kans menang," ungkapnya.

Octarina menyampaikan hasil survei Bukan Juni 2017 yang dirilis lembaganya menempatkan Syahrial sebagai figur yang cukup punya peluang menang. Syahrial berdua dengan Deru berada di papan atas, sementara Ishak Mekky, Dodi Reza dan Aswari berada di papan tengah, lainnya kompak bersemayam di papan bawah.

"Kondisi ini akan memaksa NasDem mencari calon pendamping Syahrial. Yang ideal adalah bergabung dengan Aswari atau Ishak Mekky. Kedua figur itu adalah ketua partai dan elektabilitasnya berada di papan tengah, akan saling menyumbang suara. Dalam simulasi Syahrial selalu unggul dari lawannya jika diduetkan dengan kedua figur itu," pungkasnya.

Saat ditanya siapa yang akan diusung NasDem nantinya, Octarina menyebut nama Syahrial. "Dia ketuanya, elektabilitasnya bagus, tidak ada alasan untuk mengabaikannya. Silakan survei satu dua bulan ini, mau pakai 1.000 lembaga survei juga silakan, sepanjang metodenya benar, pasti hasilnya akan menempatkan Syahrial di posisi pertama atau kedua," jawabnya.
(sms)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top