Islamofobia: Apa yang Ingin Dilakukan Eropa terhadap Umat Islam?

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 19:45 WIB
loading...
Islamofobia: Apa yang Ingin Dilakukan Eropa terhadap Umat Islam?
Kelompok masyarakat sipil Muslim dari Eropa memperingatkan meningkatnya Islamofobia. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Kebencian terhadap Islam dan umat Islam di Swedia dan Eropa mengundang tanya masyarakat sipil muslim wilayah tersebut. "Apa yang ingin dilakukan Swedia dan Eropa dan apa yang mereka inginkan terjadi pada populasi Muslim di negara mereka?”

Middle East Eye pada Jumat 6 Oktober 2023 melaporkan kelompok masyarakat sipil Muslim dari Eropa memperingatkan meningkatnya tingkat Islamofobia yang menyebar di seluruh benua pada konferensi besar keamanan dan hak asasi manusia di Polandia, Kamis pada lalu.

Tujuh kelompok Muslim dari Austria , Prancis , Swedia, Spanyol , dan Belanda berbicara menentang iklim Islamofobia yang “disponsori negara” yang mereka hadapi di negara mereka.

Setiap organisasi mempunyai waktu tiga menit untuk berpidato di sesi tersebut, dengan perwakilan dari Austria dan Prancis juga hadir di ruangan tersebut.



Pidato mereka di Konferensi Dimensi Manusia Organisation of Security and Cooperation in Europe's (OSCE) atau Organisasi Keamanan dan Kerja Sama Eropa (OSCE) di Warsawa terjadi beberapa hari setelah pihak berwenang Polandia melarang direktur internasional Cage, Muhammad Rabbani, memasuki Polandia. Hal itu terjadi setelah nama Rabbani muncul di Sistem Informasi Schengen. Ini memungkinkan setiap anggota Schengen -menyatakan menempatkan seseorang pada daftar larangan masuk ke zona Schengen.

Tahun ini, OSCE diketuai oleh Menteri Luar Negeri Makedonia Utara Bujar Osmani, dengan Konferensi Dimensi Manusia di Warsawa yang berlangsung 10 hari dan diperkirakan berakhir pada 13 Oktober.

Adani el-Kanfoudi, juru bicara Muslim Rights Watch di Belanda, mengatakan pada konferensi OSCE bahwa ia dijadwalkan bertemu Rabbani bersama kelompok masyarakat sipil Muslim Eropa lainnya.

“Insiden ini, antara lain, adalah contoh sempurna dari pola yang lebih luas, di mana tokoh-tokoh penting komunitas Muslim secara tidak adil dimasukkan ke dalam daftar hitam,” kata Kanfoudi.

“Kita menghadapi kenyataan yang menyedihkan di mana umat Islam menjadi sasaran secara sistematis, sebuah pelanggaran terang-terangan terhadap hak-hak konstitusional mereka. Praktik diskriminatif ini tidak hanya melanggar kebebasan individu tetapi juga menimbulkan ketakutan dan perpecahan dalam komunitas kita.”



Mengomentari situasi di negaranya sendiri, Kanfoudi berbicara tentang ratusan Muslim Belanda yang mendekati organisasinya dan mengatakan bahwa mereka telah salah dimasukkan dalam daftar teror oleh pemerintah Belanda. Hal ini menyebabkan beberapa orang kehilangan mata pencaharian, menghadapi pembatasan perbankan dan perjalanan serta dirawat. Mereka seperti "warga negara kelas dua".

Operasi Luxor

Arman Jeziz, yang mewakili Insan, memulai dengan mengatakan bahwa sebuah masjid telah dibakar di Swedia saat dia menulis pidatonya.

“Jika buku-buku dan masjid-masjid dibakar, jika umat Islam tidak diperbolehkan berpakaian sesuka mereka, jika mereka menjadi sasaran pengawasan ketat, jika mereka sering digambarkan sebagai orang yang bermasalah, dan jika mereka dianggap berpotensi melakukan kekerasan, lalu bagaimana dengan orang-orang yang ada di sana?" kata Jeziz.

“Pada akhirnya, pertanyaannya bisa diajukan dengan lebih blak-blakan: Apa yang ingin dilakukan Swedia dan Eropa dan apa yang mereka inginkan terjadi pada populasi Muslim di negara mereka?”

Nehal Abdullah, peneliti Cage di Austria, mengutuk Operasi Luxor yang dilakukan pemerintah Austria, yang menyebabkan polisi Austria menggerebek rumah 70 rumah tangga Muslim dan penangkapan 30 akademisi Muslim pada tahun 2020.



Abdullah mencatat bahwa tidak ada "satu orang pun yang terkena dampak penggerebekan yang dituduh melakukan pelanggaran" dan keputusan pengadilan tinggi baru-baru ini mengecam "penggerebekan tersebut sebagai tindakan yang melanggar hukum dan bermotif politik".

Dia juga mengkritik pendirian Pusat Dokumentasi Islam Politik di negara Austria, yang baru-baru ini terbukti memiliki hubungan dengan Uni Emirat Arab dan kampanyenya melawan Ikhwanul Muslimin.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2625 seconds (0.1#10.140)