Perbedaan dan Arti Gelar M.Si vs M.Sc, Benarkah Keduanya Sama?

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 09:50 WIB
loading...
Perbedaan dan Arti Gelar M.Si vs M.Sc, Benarkah Keduanya Sama?
Arti gelar M.Si dan M.Sc ini masih belum banyak diketahui orang. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Arti gelar M.Si dan M.Sc ini masih belum banyak diketahui orang. Mengingat masyarakat Indonesia lebih familiar dengan gelar M.Si, dan masih asing dengan istilah M.Sc.

Pada dasarnya antara gelar M.Si dan M.Sc tidaklah ada perbedaan makna, karena keduanya merupakan gelar untuk Magister Sains.

Lantas mengapa penulisannya gelar M.Si dan M.Sc berbeda? Hal itu hanya disebabkan oleh bahasa yang dipakai, jika M.Si menggunakan bahasa Indonesia yakni Magister Sains, sedangkan M.Sc menggunakan bahasa Inggris yakni Master of Science.

Baca juga: 4 Perbedaan Gelar Cumlaude, Magna Cumlaude, Summa Cumlaude, dan Maxima Cumlaude

Arti Gelar M.Si vs M.Sc


Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika baik M.Si maupun M.Sc merupakan gelar S2 yang ditujukan bagi orang yang telah menyelesaikan bidang studi yang berkaitan dengan sains.

Gelar pascasarjana dalam bidang sains ini dapat diberikan dalam berbagai disiplin ilmu, seperti fisika, kimia, biologi, matematika, ilmu komputer, teknologi.

Sehingga penerapan gelar M.Si dan M.Sc tidak hanya diperuntukkan di bidang sains dan matematika saja, namun juga bidang yang masih berkaitan dengan dua studi tersebut.

Baca juga: Top 54 Universitas Terbaik di Jakarta Versi UniRank 2023 Terbaru, BINUS Ranking Pertama!

Sama halnya seperti mendapatkan gelar magister lain, untuk mendapatkan gelar M.Si atau M.Sc ini seseorang perlu menyelesaikan program studi yang melibatkan penelitian dan studi lanjutan dalam subjek tertentu. Penulisan tesis atau proyek penelitian yang signifikan sebagai syarat untuk memperoleh gelar tersebut.

Untuk M.Sc sendiri merupakan salah satu gelar yang cukup bergengsi dan populer di luar negeri, sehingga tak heran ada sejumlah masyarakat Indonesia yang memperoleh gelar tersebut.

Selain M.Sc, ada juga Master of Arts (M.A) yang diberikan kepada siswa yang menempuh pendidikan lanjut dalam bidang liberal arts.

Gelar Magister atau Master kini memang tengah jadi satu tujuan besar bagi para pelajar yang telah menyelesaikan gelar Sarjana.

Sebab dengan menyandang gelar Magister atau Master, mereka akan mampu untuk mendapatkan karier yang lebih mapan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)